Sate Kambing RM Madura Madrawi Favorit Delegasi Konferensi Asia-Afrika (2)

Pojok Langganan Bung Karno

spot_img

Fadli memastikan bahwa RM Madura Madrawi tutup bukan karena tidak ada lagi pelanggan. Bukan juga karena bangkrut atau tidak ada biaya operasional. Alasan utama tutupnya rumah makan tersebut adalah pemutusan kontrak sewa tempat oleh pemilik lahan. Selain itu, Badjuri dan generasi berikutnya enggan terjun total dalam bisnis rumah makan.

Fadli ingat betul masa di mana dirinya dan keluarga harus boyongan dari RM Madura Madrawi ke rumah keluarga. Rumah itu masih ditempati hingga saat ini. Yang tidak bisa hilang dari kepalanya adalah pesan abahnya untuk mendirikan majelis setelah restoran tutup permanen.

”Itu berangkat dari kebiasaan orang-orang daerah. Di kampung kan suka ada pengajian kecil, ada majelis,” ungkap Fadli. Karena itu, setelah RM Madura Madrawi tutup, Badjuri mendirikan Majelis Dzikir Sholawat Tjakraboeana.

Di lingkungannya, Badjuri dikenal sebagai tokoh agama. Dia wafat pada 14 Maret 2019. Saat itu usianya sudah 112 tahun. Lantas, adakah keinginan dari Fadli dan keluarganya membuka kembali RM Madura Madrawi? ”Sampai detik ini masih ada keinginan. Cuma memang waktunya Allah yang lebih tahu,” jawab Fadli. (*/c9/SAHRUL YUNIZAR
/hep)

Baca juga:   Presiden dan Lidahnya

Populer

Lainnya