27 C
Semarang
Kamis, 7 Desember 2023

Berhentikan Kadus, Kades Sengi Di-PTUN-kan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG –Kepala Desa (Kades) Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, digugat di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang oleh mantan Kepala Dusun (Kadus) Gowok Sabrang, Timbul Fatoni. Terkait kebijakan kades sebelumnya yang memberhentikan Fatoni dari jabatannya sebagai kadus.

Kepala Desa Sengi, Waji, mengatakan, penggugat diberhentikan menjadi kadus pada 14 September 2022. Saat itu, pemberhentian dilakukan oleh Kades Sureni Risyanta, sebelum Waji dilantik menjadi kades yang baru.

Sebelum membawa kasus ini ke ranah hukum, Fatoni telah mengajukan keberatan. Ia meminta kades untuk mencabut dan membatalkan Surat Keputusan Kepala Desa Sengi Nomor 188.4/010/KEP/2012/IX/2022, namun permohonan itu ditolak oleh kades.

“Jadi saudara Timbul Fatoni tidak terima diberhentikan dari jabatan kadus oleh kades sebelum kepemimpinan saya. Dia diberhentikan sebelum saya dilantik jadi kades. Akhirnya dia menggugat ke PTUN Semarang pada 25 November 2022,” ujarnya, Jumat (6/1).

Kuasa hukumnya dari Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Unissula (BKBHM-FH Unissula) Dias Saktiawan menerangkan, dasar pemberhentian Timbul Fatoni sebagai perangkat desa dalam jabatan Kadus Gowok Sabrang karena tidak melaksanakan perintah kades.

Akibatnya mendapatkan Surat Peringatan (SP) 1, SP 2, dan SK Pemberhentian Sementara. Lebih dalam lagi, ada dugaan penyalahgunaan wewenang, tugas, kewajiban, hak, dan atau kewajibannya sebagai kadus dalam penyaluran dana BLT Dana Desa tahun 2020.

“BLT Dana Desa itu dipotong berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Inspektorat yang digunakan untuk membayarkan PBB masyarakat. Meski begitu, penyaluran bantuan itu ada mekanismenya. Itu sudah diperiksa Inspektorat. Hasilnya penggugat harus melakukan pengembalian dana,” jelasnya.

Selain dasar itu, lanjut Sekretaris BKBHM-FH Unissula ini, penggugat diduga melakukan tindakan yang meresahkan sekelompok masyarakat, dengan membuat cuitannya di media sosial yang diduga mengandung provokasi.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Semarang, gugatan yang dilayangkan Timbul Fatoni menyatakan, batal atau tidak sah serta menuntut pencabutan Surat Keputusan Kepala Desa Sengi Nomor : 188.4/010/Kep/2012/Ix/2022 tentang Pemberhentian Kadus Gowok Sabrang, Desa Sengi, Kecamatan Dukun tertanggal 14 September 2022 yang diterbitkan oleh Kepala Desa Sengi.

Penggugat meminta kepada tergugat untuk mengembalikan kedudukan harkat dan martabat seperti keadaan semula sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (ifa/ida)


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya