Lawan Covid-19 dengan Rajin Olahraga

Oleh : Aris Budi Soetanto, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran olahraga lebih didominasi oleh materi berupa praktik seperti atletik, permainan bola, dan sebagainya. Bahkan biasanya guru dan murid akan terjun langsung untuk mempraktikkan setiap materi olahraga.

Penjaskes tentunya akan memberikan dampak yang menyenangkan bagi murid karena tidak hanya terpaku pada pembelajaran di kelas, namun juga pengalaman belajar di alam bebas ataupun lapangan yang bersifat rekreatif.

Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan atau yang lebih dikenal dengan Penjasorkes merupakan salah satu mata pelajaran formal yang diajarkan mulai dari SD sampai SMA.

Pelajaran Penjasorkes sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain dan olahraga yang dilakukan secara sistematis.

Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina, sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Pada saat pandemi Covid-19 terasa sulit untuk mengajarkan materi penjaskes, terlebih karena pemerintah melarang pembelajaran tatap muka secara langsung yang akan menyebabkan terjadinya kerumunan dan rentan penularan Covid-19.

Baca juga:   Belajar Luas Tabung Sangat Mudah dengan Pendekatan Kontekstual

Namun justru hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru olahraga, karena pelajaran ini dapat memberikan efek kekuatan dan kesehatan sehingga murid memiliki kekebalan tubuh secara maksimal dan tidak mudah terkena Covid-19.

Guru olahraga harus menginstruksikan kepada setiap muridnya untuk selalu berolahraga secara mandiri dirumah, dengan bimbingan dari guru secara online.

Pembelajaran Olahraga di SMA Negeri 1 Kradenan selama masa pandemi Covid-19 lebih ditekankan pada meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan murid. Dimana untuk pelajaran olahraga, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan sistem online menggunakan Google Classroom.

Guru memberikan tugas pada murid setiap minggu pertama dan minggu ketiga untuk berolahraga mandiri dirumah, kegiatan olahraga mandiri ini sambil direkam dan dikirimkan videonya melalui aplikasi google classroom.

Sedangkan untuk minggu kedua dan minggu keempat, murid diminta untuk merekam aktivitas murid saat mengolah dan memakan makanan bergizi menu seimbang. Dan apabila ada minggu kelima, guru olahraga akan mengadakan pertemuan daring secara live menggunakan aplikasi google meet dan mengajak murid senam bersama secara virtual.

Baca juga:   Mengatasi Kesulitan Pembelajaran IPA dengan Permainan

Pembelajaran olahraga di SMA Negeri 1 Kradenan meskipun secara online tetap dapat berjalan efektif, dan dengan adanya pembelajaran yang tetap berjalan maka penilaian bisa dilakukan. Selain itu murid juga tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berlatih olahraga sendiri di rumah serta menjaga konsumsi makanan bergizi dan sehat.

Tentu saja hal ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan bagi murid karena bisa mempraktikkan materi pelajaran secara langsung dan belajar mengolah makan bergizi dengan menu sehat. Dan dapat meningkatkan pemahaman murid tentang pentingnya pelajaran penjaskes. (nov1/lis)

Guru Penjaskes SMA Negeri 1 Kradenan

Populer

Lainnya