Perlunya Zoom Meeting dalam Pembelajaran Tatap Muka saat Pandemi

Oleh: Nasikun, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN tatap muka sudah mulai, namun masih dibebani persyaratan yang ketat dari lima puluh persen kehadiran, durasi waktu, serta aturan prosedur kesehatan, yang semata mata untuk menghambat serta memutus persebaran virus yang masih melanda sampai saat ini.

Pandemi Covid-19 mengancam dari berbagai sudut kehidupan pendidikan. Mulai dari pendidikan prasekolah hingga perguruan tinggi. hal tersebut membuat pemerintah dan lembaga terkait harus menghadirkan alternatif dalam memberikan penyampaian proses pembelajaran di sekolah.

Penyampaian pembelajaran pendidikan bagi peserta didik dengan memanfaatkan pembelajaran jarak jauh (PPJ) secara online yang lebih dikenal (daring/dalam jaringan) atau belajar dari rumah dengan pendampingan orang tua.

Kekurangan pembelajaran jarak jauh bagi anak dan orang tua, tidak semua orang tua mempunyai waktu untuk membimbing anak-anak mereka dikarenakan kesibukan bekerja untuk mencari nafkah.

Dampak positifnya bagi para pendidik adalah bisa mengembangkan inovasi serta wawasan untuk menggunakan alat teknologi informasi sebagai alat bantu dalam memberikan pembelajaran.

Akan tetapi tenaga pendidik harus menyiapkan betul-betul kesiapan yang sesungguhnya. Menurut beberapa pakar kurangnya persiapan guru dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh atau online menjadi salah satu faktor hambatan dalam pembelajaran ke rumah.

Namun demikian pembelajaran jarak jauh merupakan solusi dan cara yang paling baik untuk menekan persebaran Covid-19 serta peluang bagi seorang pendidik untuk mengembangkan potensi dirinya sendiri.

Berdasarkan kenyataan di lapangan di sd kami SD Negeri 2 Korowelangkulon masih kekurangan sarana prasarana yang diperlukan dalam pembelajaran jarak jauh lebih-lebih mayoritas orang tua belum mampu menyediakan alat bantu gadget berupa handphone maupun laptop.

Baca juga:   Kiat Menuju Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Oleh sebab itu sd kami memberikan jalan tengah yaitu memberikan tugas dengan tidak memberatkan orang tua dengan cara membagi waktu yang tepat dalam penyampaiannya serta tugas kelompok, dengan menggunakan aplikasi berupa Zoom meeting. Mengapa menggunakan meeting karena karena mempunyai keunggulan serta kelebihan bisa berinteraksi dengan siswa serta orang tua secara langsung dengan gambar dan suara.

Ada beberapa apa fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Zoom meeting. Aplikasi Zoom meeting merupakan aplikasi video konferensi yang dikembangkan oleh perusahaan di San Jose, California, Amerika oleh EricYuan Tahun 2011 salah satunya, HD video serta audio dengan menggunakan zoom meeting komputer atau handphone tidak perlu khawatir dengan kualitas gambar serta suara, karena menawarkan kualitas gambar yang jernih pada layar, serta suara yang jernih pula.

Begitu juga keamanan, keamanan aplikasi ini menawarkan keamanan dengan teknologi inkripsi yang dilengkapi dengan kode-kode serta sandi untuk menjamin keamanannya. Yang tidak kalah penting rekaman atau recording sangat membantu terdokumentasinya kegiatan yang sewaktu-waktu dapat dibuka kembali. Aplikasi Zoom juga dilengkapi history atau riwayat yang akan tersimpan dalam arsip secara sistem hingga puluhan tahun.

Baca juga:   Perlunya Penekanan Pendidikan Karakter di Awal Pembelajaran Tatap Muka

Dari fitur-fitur tersebut sudah pasti mudah memahami dapat diambil manfaat kelebihan Zoom meeting untuk pembelajaran di sekolah. lalu Apa fungsi Zoom meeting untuk keperluan sehari-hari di dunia pendidikan?

Berikut ini adalah langkah-langkah pengguna Zoom meeting. Yang pertama buka layar desktop atau hp. Bergabunglah dengan menggunakan salah satu metode ini, klik gabung rapat jika anda ingin bergabung tanpa Sign in. Masuk ke Zoom lalu klik gabung. masukkan nomor id rapat dan nama tampilan anda. Jika anda telah melakukan sign in, ubah nama anda jika anda tidak ingin nama default anda muncul. Jika anda tidak melakukan sign in, Masukkan nama tampilan.

Selanjutnya pilih jika Anda ingin menghubungkan audio dan/atau video dan klik gabung.

Aplikasi zoom meeting ini diberikan secara gratis dengan durasi waktu 40 menit dan tidak ada batas waktu jika akun kita berbayar. Dalam aplikasi Zoom meeting kita bisa berkomunikasi langsung dengan siapapun lewat video conference oleh karena itu itu memang cocok digunakan sebagai media pembelajaran (Chick et al., 2020).

Kelas online merupakan jawaban dan yang masih bisa dijalankan ketika institusi pendidikan masih ditutup karena Covid-19. semoga kedepan dengan perkembangan teknologi serta pengembangan diri pada pendidik akan lebih meningkatkan penyampaian pembelajaran di masa yang akan datang. (fkp2/zal)

Kepala SDN 1 Karangayu, Cepiring, Kendal

Populer

Lainnya