Google Sites, Solusi Belajar dari Rumah

Oleh :Binarti, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Wabah Covid-19 membawa dampak yang cukup signifikan dalam berbagai bidang. Salah satunya pada bidang pendidikan, yang mengharuskan proses pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara online.

Guru sebagai pendidik dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Media pembelajaran yang menarik dan bersifat interaktif dapat meningkatkan tingkat keaktifan dan ketertarikan peserta didik dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan pula hasil belajar peserta didik. Salah satu contohnya adalah pembuatan media pembelajaran berbasis web dengan memanfaatkan google sites.

Google sites merupakan salah satu aplikasi gratis google untuk membuat situs atau website. Manfaat aplikasi google sites ini yang pertama adalah pembelajaran lebih menarik, karena memanfaatkan fitur-fitur seperti google docs, sheet, forms, calender, dan sebagainya. Kedua, lebih mudah mendapatkan materi pembelajaran.

Ketiga, materi pembelajaran tidak mudah hilang dan dapat digunakan secara berkelanjutan. Keempat, dapat diakses melalui PC, laptop, tablet, maupun smartphone. Kelima, searchable, yaitu dapat ditelusuri menggunakan mesin pencarian online google).

Baca juga:   Olahraga Sederhana di Rumah Selama Masa Pandemi

Penulis memanfaatkan google sites dalam penyampaian materi Sistem Pencernaan pada Hewan dan Manusia di kelas VA SDN Mangunsari 01. Secara garis besar tahapan yang dilakukan adalah membuat folder kerja, membuat kerangka web media pembelajaran, mengimplementasikan kerangka ke dalam google sites, mengisi kerangka web media pembelajaran dengan konten pembelajaran, serta mempublikasikan website.

Penulis membuat website menggunakan akun belajar.id. Pada website tersebut terdapat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, materi sistem pencernaan pada hewan dan manusia, video pembelajaran, simulasi pencernaan pada manusia, serta penilaian.

Website pembelajaran ini dibantu oleh tiga platform lain yaitu whatsapp, google drive, dan google form. WhatsApp digunakan sebagai tempat pemberi informasi awal mengenai pembelajaran di whatsApp kelas. memberikan arahan serta link website pembelajaran yang sudah terisi dengan materi pembelajaran. Google drive digunakan sebagai tempat penyimpanan file pembelajaran berupa dokumen, powerpoint dan video yang bisa langsung diakses oleh siswa dalam bentuk link google drive. Link tersebut ada pada setiap halaman materi.

Platform yang terakhir yaitu Google form, platform ini digunakan untuk membuat latihan soal yang berbentuk pilihan ganda, isian ataupun uraian, dan juga membuat presensi kehadiran siswa. Siswa harus memiliki akun google atau e-mail. Akun google tersebut digunakan untuk mengisi google form (jika diminta), dan membuka file pada google drive. Siswa dapat menggunakan akun google orang tua atau akun google pribadi.

Baca juga:   Plus Minus Penggunaan Internet di Masa Pandemi

Pembelajaran jarak jauh menggunakan website ini memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar serta menumbuhkan sikap dan keterampilan dalam bidang teknologi. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa lebih mengingat materi pembelajaran. Situasi belajar menjadi efektif dan hasil belajar menjadi lebih baik.

Namun, meski sudah ada media website, peran guru tidak bisa dihilangkan. Hal ini dikarenakan guru sebagai pemberi solusi ketika siswa kurang memahami sumber belajar yang mereka dapatkan melalui website yang telah dibuat. Pembelajaran untuk anak sekolah dasar, baik offline atau online perlu bimbingan yang baik secara langsung maupun tidak langsung. (ra2/ton)

Guru Kelas VA SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga

Populer

Lainnya