Tingkatkan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Demonstrasi

Oleh : Eti Mugi Utami, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan sesuatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Dalam kegiatan menulis ini maka penulis haruslah terampil memanfaatkan grafologo, struktur bahasa dan kosakata.

Keterampilan menulis ini tidak akan datang dengan otomatis, tetapi harus melalui latiahan dan praktik yang sering dan teratur. Dalam kehidupan modern ini jelas bahwa keterampilan menulis sangat dibutuhkan, kiranya tidak berlebihan jika kita katakan bahwa keterampilan menulis merupakan suatu ciri dari orang yang terpelajar atau bangsa yang terpelajar.

Menulis merupakan keterampilan yang paling sulit dikuasai siswa jika dibandingkan dengan keterampilan membaca, mendengarkan dan berbicara. Untuk itu dalam pembelajaran dibutuhkam terobosan baru untuk merangsang siswa untuk tertarik dan senang belajar menulis. Di samping siswa dapat menemukan sendiri materi menulis yang kontekstual dekat dengan kehidupan siswa bisa dialami langsung dengan mudah. Sehingga dapat merangsang keaktifan siswa untuk mengamati dan mencoba melakukan sendiri sehingga dapat meningkatkan keinginan siswa belajar menulis.

Pembelajaran yang sarat dengan kriteria di atas adalah pembelajaran keterampilan menulis dengan metode demonstrasi. Dengan latihan yang berkesinambungan dan terus-menerus maka dimungkinkan siswa akan menjadi terampil menulis bahasa petunjuk dengan baik dan benar untuk berbagai jenis petunjuk penggunaan atau membuat sesuatu dan menggunakan sesuatu. Pembelajaran menulis dengan metode demonstrasi dan menemukan konsep teori pembelajaran tersebut. Siswa hanya butuh latihan untuk dapat lebih terampil menulis.

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Picture And Picture

Jika metode demonstrasi diterapkan pada pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu atau menjelaskan tentang cara membuat sesuatu maka diharapkan keterampilan menulis siswa meningkat. Pada waktu akan mengajar dengan metode demonstrasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya alat harus sudah siap, sebanyak mungkin anak untuk membantu melakukan percobaan itu dan mencatat hasil percobaan.

Sedangkan kelebihan metode demonstrasi dapat membuat pengajaran menjadi lebih konkret. Sehingga menghindari verbalisme, siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari, proses pembelajaran lebih menarik dan dapat merangsang siswa untuk aktif mengamati. Menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan mencoba melakukannya sendiri.

Menulis adalah kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan dengan tulisan, dapat juga diartikan bahwa menulis adalah berkomunikasi mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kehendak kepada orang lain secara tertulis banyak keuntungan yang didapat dan diperoleh dari kegiatan menulis.

Ada beberapa kegunaan menulis yaitu penulis dapat mengenali kemampuan dan potensi dirinya. Dengan menulis dapat mengetahui sampai dimana pengetahuannya tentang suatu topik. Untuk mengembangkan topik itu penulis harus berpikir menggali pengetahuan dan pengalamannya. Penulis dapat terlatih dalam mengembangkan gagasan. Dengan menulis, penulis terpaksa bernalar menghubungkan, serta membanding-bandingkan fakta untuk mengembangkan berbagai gagasannya.

Baca juga:   Belajar Menulis Puisi Berdasar Gambar melalui Metode Brainwriting

Penulis dapat lebih menyerap, mencari serta menuasai informasi sehubungan dengan topik yang ditulis. Kegiatan menulis dapat memperluas wawasan penulisan secara teoritis mengenai fakta-fakta yang berhubungan.

Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari. Baik sebenarnya ataupun tiruan yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Metode demonstrasi baik digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas untuk mengetahui kebenaran sesuatu. (ips1/lis)

Guru SDN 02 Gombong, Kec. Belik, Kabupaten Pemalang

Populer

Lainnya