Pembuatan E-learning Video Pembelajaran dengan OBS Studio

Oleh : Wiji Asmoro, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, E-learning berasal dari huruf ‘e’ (elektronik) dan ‘learning’ (pembelajaran). Dengan demikian E-learning berarti pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika. Secara umum definisi E-learning adalah pengiriman materi pembelajaran melalui suatu media elektronik secara lebih fleksibel demi mendukung dan meningkatkan pengajaran, pembelajaran dan penilaian.

Sedangkan secara lebih khusus E-learning didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi internet untuk mendistribusikan materi pembelajaran, sehingga siswa dapat mengakses dari mana saja.

Meskipun implementasi sistem E-learning yang ada sekarang ini sangat bervariasi, namun semua itu didasarkan atas suatu prinsip atau konsep bahwa E-learning dimaksudkan sebagai upaya pendistribusian materi pembelajaran melalui media elektronik atau internet sehingga peserta didik dapat mengaksesnya kapan saja dari seluruh penjuru dunia. Ciri pembelajaran dengan E-leaning adalah terciptanya lingkungan belajar yang flexible dan distributed (Surjono, 2009).

Dimasa pandemi ini peranan seorang guru dituntut lebih bervariasi dan tidak monoton dalam menyajikan pembelajaran melalui media pembelajaran agar dapat membantu peserta didik didalam memahami materi yang dipelajarinya, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan serta dapat diterima oleh peserta didik.

Video pembelajaran adalah salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan siswa pada pembelajaran daring atau online dimasa pandemic seperti sekarang ini.

Baca juga:   Ayo Belajar Komunikasi Bisnis dengan Story Completion

Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah dalam bentuk video. Permasalahan yang saat ini mendera para pengajar adalah bagaimanakah cara membuat video pembelajaran yang mudah, sehingga dapat menjadi bahan ajar dalam bentuk rekaman audio visual.

Adalah aplikasi OBS Studio atau open broadcaster software yang dapat mempermudah pembuatan materi video pembelajaran. OBS Studio merupakan aplikasi video recording dan live streaming yang open source serta gratis. Open source artinya aplikasi ini dilengkapi dengan source code-nya sehingga kita dapat berkontribusi untuk melakukan pengembangan.Gratis artinya aplikasi ini bebas kita download dan kita gunakan.

Beberapa keunggulan OBS ini yang pertama, performa yang baik melakukan capture dan mixing video atau audio secara real time, membuat scene yang terdiri dari banyak sumber termasuk capture window, images, text, browser windows, webcam, capture card dan lain lain.

Dan yang kedua audio mixer yang dapat menyaring suara seperti noise gate, noise suppression, dan gain dan dapat mengendalikan secara penuh dengan dukungan plugin VST. Kemudian keunggulan yang ketiga adalah jumlah scene yang banyak dan dapat dialihkan dari satu scene ke scene yang lain dengan mulus menggunakan transisi khusus. Keunggulan OBS yang ke empat opsi konfigurasi yang powerful dan mudah digunakan.

Baca juga:   Permainan Dadu dalam Pembelajaran Matematika

Menambah Sources baru, menduplikasi yang sudah ada, dan mengatur propertiesnya dengan mudah. Dan keunggulan OBS yang kelima adalah UI ‘Dock’ modular memungkinkan Anda mengatur ulang tata letak persis seperti yang Anda inginkan. Anda bahkan dapat mengeluarkan setiap Dock individual ke jendelanya sendiri. Sedangkan keunggulan yang keenam panel kontrol yang efisien memberi anda akses ke beragam opsipengaturan untuk mengubah setiap aspek siaran atau rekaman.

Proses bembelajaran daring melalui video pembelajaran dapat disampaikan melalui banyak cara, antara lain siswa dapat mengakses langsung melalui kanal youtube, google classroom, zoom, atau website yang disediakan oleh guru. Pada kegiatan pembelajaran daring kelas XI TAV 1 SMKN 1 Bulakamba, peserta didik menyimak dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh video tutorial praktik yang dibuat oleh guru sebagai sarana atau media untuk membantu belajar peserta didik. (rs2/zal)

Guru SMKN 1 Bulakamba, Kab Brebes

Populer

Lainnya