Melalui Media Lagu Mudahkan Siswa Pahami Isi Syair

Oleh : Siti Masithoh, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MENGAJAR bagi seorang guru merupakan ketrampilan yang memerlukan keahlian khusus yang ditempuh melalui pendidikan dan pengalaman. Ketrampilan mengajar merupakan kompetensi profesioal yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran.

Guru memegang peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Sehubungan dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru, Sanjaya (2008) mengungkapkan ada minimal tiga peran utama yang harus dilakukan guru dalam implementasi standar pendidikan meliputi: guru sebagai perencana pengajaran yaitu menyiapkan berbagai hal yang diperlukan seperti materi pelajaran, cara penyampaian materi dan media yang digunakan. Guru sebagai penyampai informasi terkait dengan metode ceramah sebagai metode utama.

Realita yang dihadapi layanan pendidikan di masa pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang besar bagi kehidupan manusia.Layanan pendidikan yang diberikan secara tatap muka di kelas berubah menjadi pembelajaran daring. Semua aktivitas pendidikan baik guru maupun siswa harus siap menghadapi pandemi Covid-19.

Guru sebagai fasilitator pendidikan bagi siswa harus mampu menyajikan pembelajaran daring yang mampu dilakukan oleh siswa.

Seperti halnya pembelajaran di kelas 1 SDN Gayamsari 01 dalam mempelajari KD 3.1.1 mengenal puisi anak / syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.Tidak semua anak mudah mempelajari materi tersebut apalagi bagi siswa kelas 1SD.

Baca juga:   Belajar Teks Naratif Lebih Mudah dan Menyenangkan melalui Drama

Untuk mengatasi hal tersebut,guru harus menggunakan media pembelajaran yang sesuai dan menarik perhatian siswa . Salah satu media yang tepat untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah dengan media lagu.Dengan media lagu sebagai alat bantu untuk memfasilitasi siswa supaya lebih aktif belajar.

Media pembelajaran ini mengandalkan syair lagu anak sebagai media dalam proses pembelajaran.Syair lagu yang menarik pada saat pembelajaran akan memberikan semangat pada siswa untuk mempelajari ungkapan kasih sayang dalam syair tersebut.

Media lagu menjadi salah catu cara untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Menurut Gustiani (2006:32) media lagu merupakan suatu media audio yang berisi alunan syair untuk merangsang daya pikir siswa agar mampu menuangkan ide, gagasan, dalam bentuk tulisan.

Dengan memanfaatkan media lagu siswa dapat berimajinasi dan menuangkan ide, selain itu dengan media lagu siswa dipengaruhi melalui penggunaan syair- syair dalam lagu tersebut, sehingga siswa terinspirasi untuk berimajinasi menuangkan ide atau gagasannya secara sistematis.

Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal.Ragam nada atau suara yang berirama disebut dengan lagu.Pada setiap lagu ditentukan dengan panjang pendek, tinggi rendahnya nada.

Baca juga:   Praktik Sesorah Tingkatkan Efikasi Diri

Pada lagu terdapat irama yang memberikan corak tertentu pada lagu. Menurut Awe “ 2003, p.51 “ lagu itu seperti permainan vokal gaya bahasa dan penyimpangan makna kata merupakan permainan bahasa dalam menciptakan lirik lagu.

Melalui media lagu siswa dapat berlatih Bahasa pada saat beryanyi. Dengan menggunakan lagu dengan bahasa yang sederhana pada pembelajaran tematik akan membantu siswa untuk mempelajari materi dengan mudah. Selain itu akan meningkatkan kreativitas siswa.

Dengan menggunakan media lagu siswa akan lebih mudah untuk menentukan topik, dapat dengan mudah menemukan pilihan kata yang tepat dan sesuai, siswa lebih mudah berimajinasi, serta mudah mengembangkan kata- kata yang menarik untuk dipahami. Dengan media lagu siswa kelas 1 SDN Gayamsari01lebih mudah memahami isi syair sehingga pembelajaran jadi lebih menyenangkan. (rs2/zal)

Guru SDN Gayamsari 01, Kota Semarang

Populer

Lainnya