Google Classroom sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Yudha Testinawati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid 19 telah mengubah praktik pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring atau online. Oleh karena itu dunia pendidikan dituntut segera menyesuaikan. Pendidikan tidak boleh berhenti hanya karena dampak penyebaran Covid-19.

Salah satu media pembelajaran daring yang saat ini sedang berkembang dan mulai digunakan adalah Google Classroom. Google Classroom adalah suatu aplikasi khusus yang digunakan untuk pembelajaran daring dengan dilaksanakan dari jarak jauh dan dapat digunakan di manapun.

Dalam penggunaan aplikasi Google Classroom berisi layanan untuk pengguna seperti, dapat mengirimkan tugas berbentuk dokumen, foto, dan video pembelajaran kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang dibahas.

Pelaksanaan pembelajaran dengan Google Classroom dapat mewakili kegiatan pembelajaran yang mana terdapat interaksi yang lancar antara guru dan peserta didik di dalam kolom komentar. Peserta didik juga dapat melakukan absen setiap pembelajaran dimulai, menyimak materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Peserta didik dapat mengirimkan tugas yang telah selesai dilaksanakan dan tugas tersebut tersimpan dalam Google Drive. Tersusun secara rapi.

Fitur- fitur tersebut sangat membantu kegiatan di virtual class dalam pembelajaran daring. Karena Google Classroom memiliki berbagai kelebihan dalam menciptakan pembelajaran yang mudah untuk digunakan dan untuk pengiriman tugasnya menjadi sistematis.

Baca juga:   Mendalami Sandhangan Swara melalui TGT

Hal ini sejalan dengan Sabran (2020) bahwa dapat memanfaatkan berbagai fitur yang terdapat pada Google Classroom seperti assignments, grading, communication, time-cost, archive course, mobile application, dan privacy.

Google Classroom juga dapat membuat folder drive untuk setiap tugas dan setiap peserta didik, agar semuanya tetap teratur. Peserta didik dapat melacak setiap tugas yang hampir mendekati batas waktu pengumpulan di halaman tugas, dan mulai mengerjakannya cukup dengan satu klik.

Pengajar dapat melihat dengan cepat siapa saja yang belum menyelesaikan tugas, serta memberikan masukan dan nilai langsung di Google Classroom. Untuk masuk ke dalam Google Classroom, pengajar dapat menambahkan peserta didik secara langsung atau berbagi kode dengan kelasnya untuk bergabung. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkannya.

Alur tugas yang sederhana dan tanpa kertas memungkinkan pengajar membuat, memeriksa, dan menilai tugas dengan cepat, di satu tempat. Peserta didik dapat melihat semua tugasnya di laman tugas, dan semua materi kelas secara otomatis disimpan ke dalam folder di Google Drive.

Google Classroom memungkinkan pengajar untuk mengirim pengumuman dan memulai diskusi secara langsung
Dalam Google Classroom, guru dituntut menyiapkan materi selayaknya mengajar pada kelas. Dalam penyiapan materi dan tugas atau soal guru dapat menjadwalkan kapan materi atau tugas tersebut keluar. Selain itu juga waktu pengumpulan tugas dapat diatur sedemikian rupa, sehingga siswa punya batasan untuk mengumpulkan tugas.

Baca juga:   Belajar Statistik Lebih Menyenangkan dengan Permainan Kartu

Pada intinya dalam google classroom, seperti selayaknya pembelajaran dalam kelas, hanya saja bersifat virtual atau maya. Dengan Google Classroom tidak hanya guru saja yang dimudahkan tetapi juga peserta didik, karena peserta didik dapat belajar di manapun dan kapanpun.

SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang menerapkan pembelajaran daring salah satunya dengan penggunaan aplikasi Google Clasroom. Guru melakukan inovasi dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan serta tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah.

Dalam proses pembelajaran guru mengirimkan materi berupa video pembelajaran sebagai kepada peserta didik sehingga peserta didik langsung dapat memahami materi yang diberikan guru melalui Google Clasroom tersebut.

Selain itu peserta didik diberi penugasan oleh guru dan mengirimkan hasil tugasnya ke aplikasi Google Classroom melalui tugas kelas atau classwork. Google Clasroom menjadi salah satu alternatif untuk membagikan materi dan soal-soal tanpa memakai media cetak (paperless). (dd1/lis)

Guru SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang

Populer

Lainnya