Pembelajaran Quran Hadis Lebih Enjoy dengan Picture and Picture

Oleh : Drs S Heru Triyanto M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ALQURAN Hadis menggunakan bahasa asing yaitu bahasa Arab. Dari pernyataan tersebut menjadikan salah satu alasan penulis untuk memilih mengkaji Alquran Hadis. Karena pembelajaran Alquran Hadits merupakan proses pembelajaran yang tidak mudah.

Hal tersebut karena Alquran berkaitan dengan teks berbahasa Arab yang merupakan bahasa asing bagi siswa di Indonesia. Pemahaman siswa terhadap materi Alquran Hadits juga ditentukan oleh kemampuan mereka membaca dan memahami arti teks-teks ayat dan Hadis yang dipelajari.

Pembelajaran Alquran Hadis yang berhasil tidak hanya membuat siswa mampu menghafal beberapa ayat maupun Hadis, melainkan mampu memahami kandungannya dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai. Persoalan itu menjadi sangat pelik dalam mata pelajaran Alquran Hadis yaitu susahnya menghafal dan memahami isi kandungan dalam ayat tersebut.

Upaya meningkatkan hasil belajar Quran Hadis, guru menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran Quran Hadis. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran Alquran Hadis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah picture and picture.

Baca juga:   Model Pembelajaran TPS Memudahkan Materi Matematika Pecahan

Metode pembelajaran picture and picture merupakan metode pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Metode ini mirip dengan example non example, dimana gambar yang diberikan pada siswa harus dipasangkan atau diurutkan secara logis. Gambar-gambar ini menjadi perangkat utama dalam proses pembelajaran.

Untuk itulah, sebelum proses pembelajaran berlangsung, guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk gambar berukuran besar.

Jadi metode picture and picture adalah metode yang menggunakan media gambar untuk menjelaskan atau untuk menerangkan materi kepada peserta didik. Berdasarkan uraian di atas, maka metode pembelajaran picture and picture dapat dijadikan sebagai suatu metode yang inovatif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadis.

Pembelajaran ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Metode apapun yang digunakan selalu menekankan aktifnya peserta didik dalam setiap proses pembelajaran inovatif, setiap pembelajaran harus memberikan sesuatu yang baru, berbeda dan selalu menarik minat peserta didik.

Pembelajaran kreatif, setiap pembelajarannya harus menimbulkan minat kepada peserta didik untuk menghasilkan sesuatu atau dapat menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan metode, teknik atau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dalam pembelajaran.

Baca juga:   Belajar Melalui Brainstorming Menanamkan Karakter Saling Menghargai

Metode pembelajaran picture and picture merupakan sebuah metode pembelajaran dimana guru menggunakan alat bantu gambar atau media gambar untuk menerangkan sebuah materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar.

Dengan menggunakan alat bantu atau media gambar, diharapkan siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus dan dalam kondisi yang menyenangkan, sehingga apapun pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan mampu meresap dalam hati serta dapat diingat kembali oleh siswa. Jadi metode picture and picture adalah metode yang menggunakan media gambar untuk menjelaskan atau untuk menerangkan materi kepada peserta didik. (rs1/ida)

Guru Quran Hadis MTsN 1 Kendal

Populer

Lainnya