Cara Belajar yang Efektif

Oleh : Heri Setiawan, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pada dasarnya semua bertujuan bisa mencetak bangsa yang berkualitas, sejalan dengan perkembangan zaman. Namun ada hambatan dari sisi peserta didik. Yakni materi pelajaran yang sulit dipahami.

Selain itu, guru dikejar dengan kurikulum yang tidak sedikit, sehingga membuat siswa bingung. Terlebih saat ini, seluruh jenjang pendidikan baik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ataupun Kementerian Agama RI meniadakan pembelajaran tatap muka dan harus belajar dari rumah untuk mencegah penularan Covid-19 (Purwanto, et al., 2020).

Cara Belajar yang Efektif

Indikator adalah sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan. Jadi, indikator cara belajar yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan mengenai cara belajar (Perwanto, 2001).

Menurut (Suryabrata, 2007:84) cara belajar adalah cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan dalam belajar dan cara-cara tersebut akan menjadi suatu kebiasaan. Sedangkan menurut (Oemar, 1983) cara belajar yang efisien, efektif artinya cara belajar yang tepat. Cara belajar adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam mempelajari sesuatu. Banyak siswa telah belajar dengan giat tetapi usaha itu tidak memberikan hasil yang maksimal.
Metode pembelajaran yang efektif, seperti berlatih dengan adanya umpan balik terkait, menggabungkan kolaborasi kegiatan dengan belajar mandiri, personalisasi pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa yang menggunakan stimulasi dan permainan (Ghirardini, 2011).

Baca juga:   Pentingnya Olahraga saat Masa Pandemi di Bulan Ramadan

Adapun cara belajar yang efektif dan efisien menurut (Slameto, 2003:83) berupa pembuatan jadwal, membaca buku pelajaran, membuat catatan, mengulang bahan pelajaran, dan mengerjakan tugas. Cara belajar ini akan diuraikan satu per satu sebagai berikut :

Pembuatan Jadwal. Setiap siswa mempunyai waktu 24 jam dalam sehari. Tidur sekitar 8 jam, makan, mandi, olahraga sekitar 3 jam, urusan pribadi 2 jam, sisanya untuk belajar 11 jam. Waktu belajar 11 jam dapat digunakan untuk belajar di sekolah 7 jam dan 4 jam belajar di rumah.

Membaca Buku Pelajaran. Membaca besar pengaruhnya terhadap belajar. Hampir sebagian besar kegiatan adalah membaca. Agar dapat belajar dengan baik, perlu membaca dengan baik pula, karena membaca adalah alat belajar.

Membuat Catatan. Dalam membuat catatan sebaiknya tidak semua yang dikatakan guru ditulis, tetapi diambil intisarinya. Tulisan harus jelas teratur agar mudah dibaca atau dipelajari (Slameto, 2003:85).

Mengulangi Materi. Mengulangi besar pengaruhnya dalam belajar. Karena dengan adanya pengulangan akan tertanam dalam otak seseorang. Perlu kiranya disediakan waktu untuk mengulang dan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.
Mengerjakan Tugas. Salah satu prinsip dalam belajar adalah ulangan dan latihan-latihan. Mengerjakan tugas dapat berupa pengerjaan tes/ulangan atau ujian yang diberikan guru, tetapi juga termasuk mengerjakan latihan-latihan dalam buku ataupun soal-soal buatan sendiri.

Baca juga:   Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dalam Teks Prosedure melalui Demonstrasi

Meringkas. Yaitu cara menyalin uraian menjadi pendek dan sederhana tanpa membuang hal yang berarti. Selanjutnya siswa tidak perlu menghafalkan, hanya membutuhkan logika. Pelajaran seperti matematika, fisika dan kimia tidak bisa dihafalkan.

Tahap-Tahap yang Perlu Dipahami:

Tahap membaca dan memahami. Sebelum menyalin uraian menjadi ringkasan yang pendek, anak seharusnya membaca dan memahami dulu. Supaya tidak menghafalkan dua kali.

Tahap menulis. Tahap ini membutuhkan pengulangan dua kali. Yaitu membaca atau memikirkan kesimpulan, setelah itu baru menulis. Menulis tidak bisa dipisahkan dengan mengingat dan memahami hal-hal yang lebih sederhana. Menulis yang penting bisa memahami maksudnya.

Tahap pemeriksaan. Apabila ringkasan telah selesai diperiksa, maka penulis bisa menggunakan kertas yang tidak sama dengan buku sekolah, seperti kertas HVS.

Ini adalah salah satu yang diperlukan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa dengan menggunakan cara belajar yang efektif untuk meraih kesuksesan. (pm1/lis)

Guru SMAN 2 Grabag, Kabupaten Magelang

Populer

Lainnya