Capres Solusi Menarik Pembelajaran Jarak Jauh IPA

Oleh : Kadarwati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ), media penyampaian materi dapat menentukan ketertarikan siswa terhadap pelajaran kita. Jika kita menyajikan materi yang biasa-biasa saja, siswa akan bosan dan enggan mengikuti pembelajaran. Dengan demikian tujuan pembelajaranpun tidak tercapai.

Menyiapkan materi dengan media yang menarik memang tidak mudah apalagi pelajara IPA. Dalam pelajaran IPA banyak memuat gambar-gambar serta sistem dalam kehidupan. Maka, untuk membuat materi menjadi menarik membutuhkan kemampuan, keterampilan, dan pengalaman. Capres menjadi solusi menarik dalam PJJ IPA.

Capres merupakan akronim dari Canva Presentation. Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang tersedia pada laman google untuk menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online (https://idcloudhost.com).

Canva mudah diakses melalui play store pada android, iPhon, maupun tablet. Pada komputer atau laptop dapat kita cari dengan mengetik Canva dot com (Canva.com) pada kolom pencarian di google. Maka akan tampil dilayar monitor aplikasi Canva. Kita bisa mendaftar secara gratis dengan memilih sign up.
Canva menyediakan desain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva presentation inilah yang dapat membentuk guru menyiapkan materi pembelajaran yang menarik. Jika kita akan memulai membuat presentasi demgan Canva maka kita pilih buat desain atau memilih templet. Setelah kita pilih salah satu maka Canva akan menyodorkan banyak pilihan. Di antaranya kartu, poster, cover buku, brosur, video, dan presentation.

Baca juga:   Optimalkan Otak Kanan dengan Kegiatan Mengarang

Kita pilih presentasi pendidikan untuk membuat presentasi materi. Setelah itu kita memilih desain slide sesuai keinginan kita atau disesuaikan dengan mata pelajaran kita. Kemudian kita akan melanjutkan dengan menulis materi yang akan kita sampaikan. Canva presentation ini tidak hanya dapat digunakan untuk mata elajaran IPA saja tetapi semua mata pelajaran dapat memanfaatkannya.

Untuk menampilkan gambar kita bisa mengambil dari media online yang telah tersedia pada Canva.

Caranya dengan memilih foto pada tampilan menu Canva. Kita juga dapat memilih elemen jika menginginkan gambar animasi ataupun kartun. Kemudian kita menulis nama gambar yang kita inginkan pada kolom pencarian, misalnya gambar akar. Maka akan tampil berbagai macam gambar akar. Selanjutnya kita pilih saja yang cocok. Jika tidak tersedia pada foto maupun elemen, maka kita dapat mengunggah gambar kita sendiri. Caranya dengan memilih aploud atau unggah kemudian pilih unggah media dari perangkat kita. Lanjutkan dengan memilih gambar yang kita miliki pada drive kita. Setelah gambar terunggah maka kita dapat memindahkan atau copy paste ke halaman slide kita hanya dengan mengeklik atau menarik gambar tersebut ke slide. Kita juga dapat menambahkan musik pada slide kita. Agar Capres kita lebih menarik maka slide yang sudah jadi kita animasikan. Pada tools animasi telah tersedia animasi slide maupun animasi teks. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan selera kita.

Baca juga:   Mudah Pahami Operasi Bilang Bulat dengan Kartu dan Koin Kotif

Capres yang sudah jadi dapat kita bagikan kepada siswa kita baik melalui link berbagi maupun unduhan. Mempelajari materi melalui Capres ini tentunya lebih menarik dan membuat siswa bersemangat untuk mengikuti PJJ atau belajar dari rumah (BDR).

Di SMP Negeri 2 Salatiga penggunaan Capres didalam menyiapkan materi telah dikembangkan. Meskipun Capres ini dipadukan dengan aplikasi pembelajaran milik SMP Negeri 2 Salatiga tetapi justru menambah daya tarik tersendiri bagi siswa.

Canva tak hanya dapat digunakan untuk guru saja dalam menyiapkan materi. Tetapi juga dapat digunakan oleh siswa karena tersedia di playstore android yang biasa digunakan siswa dalam mengikuti PJJ. Siswa dapat menyusun tugas yang kita berikan dengan Canva. Salah satu tugas yang dapat kita berikan adalah laporan kegiatan praktikum IPA. Pemberian tugas menyusun laporan praktikum IPA dengan Canva akan melatih keterampilan dan kreativitas siswa. (dd1/lis)

Guru IPA SMPN 2 Salatiga

Populer

Lainnya