Senangnya Belajar Gaya an Gerak Dengan Media Permainan Senapan Gaya

Oleh : M. Arief Bahtiar Permana, S. Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada hakekatknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didefinisikan sebagai kumpulan pengetahuan yang tersusun secara terbimbing. Selain itu IPA merupakan ilmu yang membahas tentang fakta serta gejala alam. Dari berbagai macam materi IPA yang diajarkan di kelas VI SD N 05 Asemdoyong, salah satu materi yang paling banyak disukai siswa kelas VI SD N 05 Asemdoyong adalah materi gaya dan gerak. Sebab materi gaya dan gerak berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi dalam pembejaran yang berkaitan gaya dan gerak kurang efektif, siswa kurang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi masalah tersebut guru kelas VI SD N 05 Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang menetapkan suatu usaha yang dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Guru menciptakan situasi dan kondisi yang membuat siswa terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung. Khusus materi gaya dan gerak, sebagai guru harus menyiapkan media pembelajaran yang menyenangkan.

Materi gaya dan gerak menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan buat siswa adalah melalui permainan senapan gaya. Media permainan senapan gaya digunakan oleh guru kelas VI SD N 05 Asemdoyong dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi gaya dan gerak. Selain itu juga dapat menciptakan suasana belajar yang rileks dan menyenangkan.

Baca juga:   Character Education Melalui Melada

Permainan senapan gaya adalah permainan yang menggunakan bahan pipa bekas sebagai pengganti pistol-pistolan dan balon sebagai pengganti pelatuknya. Peluru yang digunakan terbuat dari bubur kertas yang dikeringkan sehingga tidak berbahaya bagi siswa. Dalam permainan senapan gaya, siswa dibagi dalam beberapa kelompok, sehingga masing-masing kelompok nantinya akan melakukan tembakan sesuai dengan instrumen yang telah diberikan.

Langkah – langkah media permainan senapan gaya pada materi pembelajaran gaya dan gerak di Kelas VI SDN 05 Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang adalah sebagai berikut; Pertama, guru melakukan apersepsi serta memberikan motivasi belajar biar siswa merasa asyik dan menyenangkan. Kemudian guru mengondisikan siswa untuk berkelompok. Kedua, guru menjelaskan cara membuat dan mempermainkan senapan gaya sampai semua siswa bisa memahami penjelasan guru. Setelah siswa memahami penjelasan guru, selanjutnya guru meminta salah satu seorang siswa untuk memperagakan cara pembuatan senapan gaya. Kemudian guru meminta siswa keluar dari kelas untuk mengadakan pembelajaran di luar kelas. Ketiga, setelah semua siswa di luar kelas, guru meminta siswa merakit sendiri senapan gaya dan mulai melakukan permainan. Setelah bermain, siswa kembali ke kelas dan mempresentasikan hasil diskusi kelompknya masing- masing. Pada kegiatan terakhir, siswa dengan bimbingan guru menyimpukan hasil pembelajaran dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya. Berdasarkan hasil pembelajaran materi gaya dan gerak dengan menerapkan permainan snapan gaya menjadikan pembelajaran lebih mnyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (rs1/ton)

Baca juga:   Cara Mudah Optimalkan PAI dengan Metode Team Teaching

Guru SDN 05 Asemdoyong, Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Populer

Lainnya