Menganalisa Unsur Intrinsik Drama dengan Media Film Pendek

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bingung menghadapi peserta didik yang maunya serba instan saat pandemi sekarang ini, tidak mau membaca, tidak mau memahami tetapi ingin mendapatkan hasil yang baik. Terutama ketika peserta didik dihadapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sebagian besar menganggap sebagai pelajaran yang mudah dan membosankan.

Menghadapi hal seperti ini guru sebagai pendidik harus mencari berbagai upaya agar peserta didik bisa memahami materi yang kita sampaikan supaya tidak jenuh dan membosankan. Materi dibuat dengan menggunakan power point yang menarik mungkin, namun kadang untuk membaca power poin yang sudah kita siapkan sekreatif mungkin mereka tetap kurang bersemangat.

Seperti yang dialami di SMP Negeri 9 Salatiga ketika diberikan materi mengidentifikasi unsur intrinsik drama di kelas VIII, siswa seolah menganggap sepele dan tidak bersemangat mengikuti pembelajaran melalui meet jika hanya diberikan dalam bentuk power point untuk dibaca dan dipahami. Pembelajaran tersebut dianggap monoton dan membosankan sehingga siswa kurang termotivasi dalam kegiatan belajar. Peran guru dalam hal tersebut masih sangat diperlukan. Guru sebagai pendidik seharusnya mampu menjadi motivator dan fasilitator dalam proses belajar mengajar. Seorang pendidik dituntut mampu memainkan peran dan fungsinya dalam menjalankan tugas keguruannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu perbaikan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.

Baca juga:   Bimbingan Karir melalui Home-Based Career Education Model

Guru sebagai seorang pendidik seharusnya mampu memanfaatkan media pembelajaran yang ada. Dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai, diharapkan akan membuat pembelajaran di sekolah lebih menarik meskipun saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti ini. Penggunaan media pembelajaran juga bertujuan untuk lebih memudahkan siswa dalam mengaplikasikan dan lebih memahami materi yang diajarkan oleh guru. Agar peserta didik lebih bersemangat mengikuiti pembelajaran Bahasa Indonesia utamanya untuk materi mengidentifikasi unsur intrinsik drama media yang bisa kita gunakan adalah dengan media film pendek. Film pendek adalah film yang memiliki durasi di bawah 50 menit. Film pendek dapat berdurasi 60 detik, yang penting ide dan pemanfaatan media komunikasinya dapat berlangsung efektif (Nurul, 2017). Media film pendek yang digunakan sebagai media pembelajaran adalah film pendek yang mengandung dan menyampaikan pesan-pesan moral kepada siswa. Selain itu juga dapat merangsang imajinasi dan kreativitas siswa.

Pemanfaatan media film pendek dapat memudahkan peserta didik untuk memahami unsur intrinsik drama. Drama merupakan bagian dari karya sastra di mana dalam karya sastra itu terdapat dua unsur pembangun yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari dalam suatu cerita (Nurgiyantoro, 2010:23) sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur di luar cerita. Unsur intrisik drama terdiri dari tema, plot, tokoh dan penokohan, amanat, dialog dan latar/setting. Dengan menggunakan media film pendek siswa akan lebih mudah memahami unsur intrinsik drama.

Baca juga:   Meningkatkan Disiplin Guru Tugas Kepala Sekolah

Populer

Lainnya