Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Integral dengan Zoom Meeting

Oleh : Cholifatul Huda, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika bagi sebagian besar siswa adalah pelajaran yang sulit dan rumit. Bahkan karena anggapan siswa yang terlalu berlebihan maka menjadikan mereka bosan dan tidak menyukainya. Hal ini menjadi tantangan bagi tutor matematika di kancah para ilmuwan matematika.

Dalam instansi sekolah terutama di SMA Negeri 1 Pegandon. Hal ini juga menjadi tantangan para guru. Penulis sebagai guru di SMA Negeri 1 Pegandon kelas XI mempunyai trik tersendiri untuk menarik siswa agar mereka jauh lebih paham dan asyik dalam belajar terutama materi integral untuk siswa kelas XI baik MIPA maupun IPS di masa pembelajaran jarak jauh ini terkait masa pandemi.

Integral adalah sebuah konsep penjumlahan secara berkesinambungan dalam matematika. Integral dan inversnya, diferensiasi, adalah operasi utama dalam kalkulus, Integral adalah kebalikannya dari solusi diferensiasi atau antiturunan. Dalam hal ini ada dua integral tentu dan integral tak tentu.

Pada materi kelas XI matematika wajib kompetensi dasar integral tak tentu ini tentunya banyak membutuhkan penjelasan yang maksimal dari guru mapel. Bagi siswa pun demikian mereka membutuhkan pemahaman dan penguasaan. Mengingat masih masa pandemi dan pembelajaran menggunakan sistem daring, tidaklah mungkin siswa hanya bisa dijelaskan melalui google classroom dengan power point saja meskipun diberikan materi secara jelas.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Bilangan Berpangkat dengan Vipe

Mereka membutuhkan penjelasan dalam hal menyelesaikan soal-soal latihan baik bentuk konsep ataupun bentuk soal konseptual. Pada soal konseptual dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan soal HOTS yang membutuhkan pemahaman, analisis, konsep, dan menyelesaikan menggunakan rumus-rumus integral.

Aplikasi yang tepat untuk materi integral adalah zoom meeting, karena di dalamnya siswa dapat secara langsung melihat guru dan teman lainnya yang saling mengikuti dan membuka aplikasi ini. Sehingga siswa mendapat pengetahuan melihat, menyimak, bahkan ikut melakukan mengerjakan soal dengan pemisalan yang guru berikan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran sistem daring ini memang membutuhkan kesabaran untuk guru itu sendiri karena pasti terdapat kendala-kendala dari diri anak misalnya belum semua anak masuk tepat waktu, beberapa siswa ada yang belum buka laptop atau androidnya. Belum lagi hal kuota, sinyal dan sebagainya.

Menurut Archimedes (287-212 SM), seorang fisikawan sekaligus matematikawan dari Syracuse Yunani. Pada abad kedua sebelum masehi, Archimedes telah menemukan ide penjumlahan untuk menentukan luas sebuah daerah tertutup dan volume benda putar. Di antaranya adalah rumus lingkaran, luas segmen parabola, volume bola, volume kerucut, serta volume benda putar yang lain. Ide penjumlahan ini merupakan salah satu konsep dasar dari kalkulus integral.

Baca juga:   Belajar Sirkulasi Darah dengan Video Animasi Cells at Work

Untuk materi integral ini dalam zoom meeting siswa saya tunjukkan soal bangun ruang dalam benda putar yang dikelilingi oleh sumbu X atau Y. Dari gambar tersebut dengan dibimbing dan diarahkan guru. Mereka ikut menggambar dan mempraktikkan dengan alat peraga seadanya yang mereka punyai kemudian siswa menganalisis, menghitung, dan menentukan luas bangun datar tersebut dengan konsep integral tak tentu.

Dari zoom meeting ini pemahaman siswa lebih maksimal karena mereka melihat, menyimak, dan mempraktikkan jalannya pembelajaran dari awal sampai akhir terutama dalam menghitung luas dan volume benda putar pada bangun ruang.

Penulis menyimpulkan bahwa penggunakan aplikasi zoom meeting bagi siswa pada materi integral tak tentu akan meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan power point di aplikasi google classroom. (lbs2/lis)

Guru Matematika SMAN 1 Pegandon, Kabupaten Kendal.

Populer

Lainnya