Media Video Tingkatkan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian

Oleh : Muhammad Reza Fahlafi, S.Pd.,M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi seperti sekarang ini materi jurnal penyesuaian menurut siswa sangat sulit dipraktikan dalam belajar akuntansi. Ada keasyikan tersendiri sebenarnya apabila dalam pencatatan jurnal penyesuaian dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Dalam pencatatan yang dibutuhkan siswa hanya ketelitian, kesabaran dan ulet. Ada tujuh jenis jurnal yang perlu disesuaikan, tetapi hanya ada 2 jenis jurnal penyesuaian yang menurut siswa sangat sulit yaitu beban dibayar di muka dan pendapatan diterima di muka. Lalu bagaimana cara meningkatkan hasil belajar jurnal penyesuaian, apakah media video dapat membantu meningkatkan hasil belajar jurnal penyesuaian?

Pada masa pandemi hasil belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian kelas XII IPS 3 di SMAN 1 Wonosegoro jauh dari harapan. Hal ini ditandai dari begitu banyak komentar keluhan siswa di google classroom setelah siswa mengumpulkan tugas. Khususnya untuk pencatatan beban dibayar di muka dan pendapatan diterima di muka.
Kesulitan siswa tersebut adalah membedakan pencatatan antara metode harta dan metode beban (beban dibayar di muka), metode kewajiban dan metode pendapatan (pendapatan diterima di muka). Dari jumlah 32 siswa di kelas setidaknya hanya 10 siswa yang menjawab benar, 5 siswa yang mendekati benar dan sisanya menjawab salah.
Jurnal penyesuaian merupakan ayat jurnal yang biasanya dibuat pada akhir periode untuk mengoreksi akun-akun tertentu sehingga dapat mencerminkan keadaan aktiva, kewajiban, pendapatan, beban, dan modal yang sesungguhnya (Soemarso). Maksudnya adalah ada beberapa akun yang saldonya perlu diperbaiki karena ada perubahan pada masa dan waktu tertentu dan akan ada akun baru yang muncul, perbaikan saldo tersebut dituangkan dalam jurnal penyesuaian sehingga akan tampak saldo yang sebenarnya pada akhir periode.

Baca juga:   Berpikir Tingkat Tingkat Tinggi melalui Keterampilan Menyusun Soal HOTS

Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar jurnal penyesuaian di masa pandemi adalah dengan menyampaikan media video tutorial pembelajaran cara pencatatan jurnal penyesuaian. Menurut Sukiman (2012: 187-188) media video pembelajaran merupakan seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara dalam waktu bersamaan.

Langkah-langkahnya adalah pertama guru membuat video tutorial pembelajaran pencatatan jurnal penyesuaian dengan fokus pada pencatatan beban dibayar dimuka (jika beban dibayar sebelum pencatatan neraca saldo maka dicatat pada metode harta. Sebaliknya jika beban dibayar setelah pencatatan neraca saldo maka dicatat pada metode beban) dan pendapatan diterima di muka (jika pendapatan diterima sebelum pencatatan neraca saldo maka dicatat pada metode kewajiban. Sebaliknya jika pendapatan diterima setelah pencatatan neraca saldo maka dicatat pada metode pendapatan. Kedua video tersebut dishare di google classroom beserta latihan soalnya.

Ketiga siswa presentasi jawaban melalui video. Keempat guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar. Pembelajaran daring melalui video untuk materi jurnal penyesuaian ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti nilai siswa kelas XII IPS 3 meningkat. Setelah diadakan remidial teaching dan remidial test jumlah siswa yang menjawab benar sejumlah 23. Sisanya mendekati benar. Dalam kolom komentar di google classroom banyak siswa yang mengucap syukur atas keberhasilan yang telah mereka raih dan mengucapkan terimakasih kepada guru yang telah menggunakan metode yang baik dan tepat dalam mengajarkan materi jurnal penyesuaian. (bs1/lis)

Baca juga:   LKPD dengan Pendekatan Saintifik

Guru Ekonomi SMAN 1 Wonosegoro Boyolali.

Populer

Lainnya