“Sawo Manalagi” Meningkatkan Vocabulary Teks Narrative

Oleh: Rachmad Danang Yulianto, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KOSAKATA (vocabulary) adalah unsur dasar yang sangat penting bagi para siswa untuk menguasai bahasa Inggris. Dengan memiliki kosakata yang cukup maka para siswa akan mampu menyampaikan pesan mereka baik secara lisan maupun tertulis. Penguasaan kosakata adalah suatu elemen yang mendukung tata bahasa dan fungsi bahasa untuk menguasai empat keterampilan berbahasa yang meliputi mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, (Rivers, 1983:123 dalam Ninan, 1991:117). Oleh karena itu, secara umum guru selalu memberikan materi kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Yang perlu dipahami dalam mempelajari kosakata adalah ketersediaan sumber. Diantara sumber yang beragam tersebut, media yang paling efektif bagi para peserta didik adalah media interaktif. Oleh karena itu, internet dan aplikasi HP adalah media yang paling menonjol.

Selama masa pandemi Covid-19, SMP Negeri 7 Salatiga menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Guru SMP N 7 Salatiga menggunakan Video Conference “FreeConferenceCall” untuk bertatap muka setiap hari. Namun ada kendala dimana tidak semua anak dapat mengikuti pembelajaran dikarenakan HP dibawa orangtua bekerja. Oleh karena itu penulis menyarankan bagi bapak dan ibu guru untuk membuat aplikasi sendiri yang bisa dipakai di HP peserta didik masing-masing.

Baca juga:   Game Spelling Bee sebagai Media Pembelajaran Speaking Bahasa Inggris

Salah satu program komputer yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang bisa diinstall di HP adalah Smart App Creator (SAC). Penulis menggunakan SAC untuk membuat apikasi yang bisa diinstall ke dalam HP peserta didik yang diberi nama SAC-WORD MATERI NARATIVE LEGENDA LUAR NEGERI (SAWO MANALAGI). Sawo Manalagi adalah aplikasi interaktif yang digunakan para peserta didik untuk meningkatkan kemampuan vocabulary mereka secara mandiri dan interaktif. Aplikasi tersebut kami kirimkan kepada para peserta didik melalui Whatsapp grup yang dimiliki para siswa dan guru untuk mendampingi proses belajar mengajar.

Keuntungan dari Sawo Manalagi ini adalah pertama, Guru bisa menyusun konten-konten interaktif vocabulary yang berkaitan dengan teks narrative. Vocabulary yang ada dalam aplikasi tersebut berupa kata benda (noun) seperti: king, queen, prince, dragon, ogre, castle, kingdom, ocean, gold dan lain-lainnya, kata sifat (adjective) seperti: beautiful, sad, friendly, big, ugly dan lain-lainnya, kata kerja regular (regular verbs) seperti: walked, played, watched, dan lain-lainnya, dan kata kerja tidak beraturan (irregular verbs) seperti : run, caught, flew, sank, dan lain-lainnya.

Baca juga:   Implementasi Supervisi Akademik dalam Menyusun Silabus bagi Guru

Keuntungan kedua adalah Konten-konten interaktif yang ada dalam Sawo Manalagi berupa gambar, suara maupun video. Sehingga para peserta didik bisa menikmati konten interaktif yang ada dalam aplikasi tersebut dan menimbulkan keinginan mempelajari kosakata yang ada dan memahami makna kosakata lebih cepat.

Dengan menggunakan Sawo Manalagi, peserta didik dapat berlatih setiap hari dengan rutin karena aplikasi sudah ada pada HP masing-masing. Guru juga bisa menguji pemahaman vocabulary siswa dengan memberikan kuis atau penilaian berdasarkan materi yang ada dalam aplikasi melalui kuis atau penilaian yang disertakan dalam aplikasi tersebut.

Yang tidak kalah pentingnya adalah siswa dapat belajar bersama dengan teman yang lain untuk meningkatkan kemampuan kosakata mereka. Mereka bisa saling menguji pemahaman akan penguasaan kata berdasarkan aplikasi tersebut.

Jadi Sawo Manalagi bermanfaat bagi guru dan siswa dalam baik dengan pembelajaran sistem daring maupun luring. Guru dapat memanaatkan aplikasi ini sebagai pengganti powerpoint sekaligus media penilaian. Dan siswa dapat belajar secara mandiri dimana saja dan kapan saja karena aplikasi tersebut digunakan secara offline. (dd1/zal)

Guru SMPN 7 Salatiga.

Populer

Lainnya