Belajar Servis Bawah Bola Voli Jadi Menarik dengan Metode Bermain

Oleh : Basuki. S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Permainan bola voli merupakan permainan yang kompleks yang tidak mudah dilakukan setiap orang. Penguasaan permainan bola voli dibutuhkan latihan yang berkelanjutan dan terukur. Maka guru dituntut berbagai usaha yang gigih dan motivasi yang tinggi kepada siswa untuk belajar.

Gerak dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli di antaranya service, passing, blocking, dan smash. Menurut Dieter Beutelstahl (1978: 13), unsur teknik dalam permainan bola voli dapat diklasifikasikan menjadi lima macam. Yaitu service (sentuhan bola pertama, di antaranya ada dua macam yaitu service atas dan service bawah); kemudian dig (passing); attack (pukulan melambungkan bola); block (bendungan dengan satu orang, dua orang dan tiga orang); dan defence (pertahanan).

Masih banyak siswa yang belum mampu melakukan gerak dasar servis bawah. Misalnya pada waktu melakukan servis bawah belum bisa melewati jaring atau net yang dipasang, atau siswa belum memiliki keberanian melakukan servis bawah dalam permainan bola voli karena siswa takut tangan mereka cedera.

Kebanyakan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Negeri Gantang 2 Kecamatan Sawangan belum dapat melakukan servis bawah dalam permainan bola voli dengan benar. Sehingga mereka belum bisa mengarahkan bola sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, masih sedikit siswa yang mahir melakukan servis bawah. Di antaranya siswa yang mahir adalah siswa putra. Sedangkan siswa putri mayoritas belum bisa melakukan servis bawah.

Baca juga:   SAVI Tingkatkan Keterampilan Menganalisa Hubungan antara Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh

Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menggunakan metode bermain. Menurut Badrut Tamam (2013: 1) pendekatan bermain pada umumnya diberikan pada anak anak prasekolah, taman kanak kanak, dan anak anak sekolah dasar. Pendekatan bermain efektif karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif, memenuhi perasaan ingin tahu kemampuan inovatif, kritis dan kreatif, juga membantu mengatasi perasaan bimbang dan tertekan. Dengan merancang pelajaran tertentu untuk dilakukan sambil bermain anak belajar sesuai tuntutan taraf perkembanganya.

Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan servis bawah dalam penulisan ini adalah dengan bermain. Bermain adalah kegiatan yang digemari siswa sekolah dasar. Dengan bermain pembelajaran akan lebih menyenangkan. Sehingga siswa tidak merasa sedang belajar servis bawah dalam bola voli.

Bermain yang digunakan dalam penulisan ini yaitu menggunakan permainan lempar target. Permainan target yang digunakan adalah lempar bola. Dalam pelaksanaannya permainan dibagi dua. Yaitu bola dilempar langsung mengenai sasaran dan bola dipukul terlebih dahulu menggunakan tangan hingga mengenai sasaran. Sasaran menggunakan dinding yang ditandai dengan diberikan tingkat kesulitan yang bertingkat. Tujuan lempar target untuk mempermudah siswa dalam melaksanakan latihan servis dari yang paling mudah menuju gerakan servis yang sebenarnya.
Melakukan servis bawah dalam bentuk permainan, dalam pembelajarannya siswa merasa senang dan bergembira dan dapat melakukan servis bawah. Peralatan yang dipakai murah, fleksibel dan dapat ditemukan di mana-mana serta tidak membahayakan bagi siswa yang menggunakannya. Siswa merasa senang dan mudah melakukan setiap gerakan tindakan yang dilakukannya.

Baca juga:   Talking Stick Memudahkan Memahami Permainan Bulu Tangkis

Melalui metode bermain yang menyenangkan dan menggembirakan diharapkan siswa SDN Gantang 2 menjadi lebih tertarik dan antusias mengekspresikan diri, menambah kepercayaan diri serta tidak bosan untuk belajar dan menekuni olahraga bola voli sebagai olahraga prestasi yang menyenangkan. (dd1/lis)

Guru SDN Gantang 2, Sawangan, Kabupaten Magelang

Populer

Lainnya