Asyik Belajar Reklame dengan EFO-HP

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak pandemi Covid-19 melanda, dunia pendidikan terpaksa memindahkan proses belajar mengajar dari sekolah ke rumah siswa. Itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Siswa tak perlu lagi berangkat ke sekolah, cukup belajar dari rumah masing-masing.

Meski merupakan hal baru, namun sekolah sudah mulai terbiasa dengan keadaan ini. Berbagai kendala terus dicari solusinya agar siswa tetap sekolah, tidak putus sekolah. Pembelajaran jarak jauh di SD Plana dilaksanakan melalui Whatsapp Grup Kelas, dengan alasan, aplikasi ini sangat mudah digunakan pada kondisi geografis yang memiliki sinyal terbatas. Zoom Meeting, Google Classroom digunakan paling tidak dua minggu sekali, karena tak semua siswa dapat mengaksesnya.

Salah satu tema pada kelas 6, adalah Globalisasi. Globalisasi telah melanda seluruh dunia. Komunikasi dan informasi telah menembus batas-batas negara. Kejadian di suatu negara dapat diketahui oleh warga negara lain dalam waktu cepat. Hal ini memengaruhi persaingan perdagangan antar negara. Banyak negara membuat reklame untuk memperkenalkan industri dan pariwisatanya. Sedangkan perusahaan membuat reklame untuk memperkenalkan produk dan barang dagangannya. Membuat reklame yang baik harus tepat sesuai tujuannya.

Baca juga:   Jadikan Polisi sebagai Wahana Literasi yang Mengasyikkan

Reklame merupakan salah satu butir kompetensi dasar pada muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kelas 6 sekolah dasar. Reklame yaitu alat yang digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk. Salah satu contoh reklame yaitu poster. Berkaitan dengan Tema Globalisasi, saya menyampaikan pembelajaran tentang memahami reklame di Kelas VI SD Negeri Plana dengan cara EFO-HP.

EFO-HP merupakan akronim dari Edit Foto pada Handphone. Siswa ditugaskan membuat poster dengan cara mengubah foto yang sesuai dengan tema dan menambahkan tulisan menarik menjadi sebuah poster.

Setelah menyampaikan materi melalui WAG/ Whatsapp Grup, guru memberi penugasan kepada siswa untuk membuat poster. Biasanya, siswa membuat poster dengan media kertas yang digambar sesuai tema dan menghiasnya semenarik mungkin. Namun kali ini, media yang digunakan berbeda. Medianya adalah sesuatu yang kini sangat digemari anak-anak, yaitu handphone. Ini bermaksud agar anak-anak tidak jenuh dengan media yang sudah pernah dipakainya. Selain itu, siswa diajak untuk belajar menggunakan handphone untuk tujuan yang bermanfaat.

Baca juga:   WhatsApp Solusi di Masa Pandemi Covid-19

Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, aktifkan layar handphone. Kedua, tekan ikon kamera. Ketiga, bidikkan kamera ke latar belakang yang sesuai dengan tema. Keempat, ketuk ikon foto untuk mengambil foto. Setelah foto diperoleh, ketuk foto hingga muncul secara utuh. Lalu editlah foto dengan cara mengetuk ikon pensil di bagian kiri bawah layar handphone.

Populer

Lainnya