Pengembangan Media Pembelajaran dengan Google Formulir Mapel PPKn

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN Pendidikan di Indonesia dari masa kemasa mengikuti perkembangan Teknologi yang mampu mempengaruhi produktivitas , kualitas suatu sistem pendidikan .Di era saat ini proses belajar mengajar menggunakan pembelajaran berbasis teknologi . Guru sebagai salah satu komponen pentng dalam dunia pendidikan harus mampu menguasai teknologi serta memanfaatkan dalan pembelajaran yang di ampunya dan guru harus mampu mencetak generasi yang dapat menjawab tantangan global. Seiring kebijakan dari Kementerian Pendidikan Indonesia bahwa proses Kegiatan Belajar Mengajar digunakan sistim daring atau online selama masa darurat covid 19 yang masih berlangsung .

Antara guru dan siswa belum dapat bertatap muka secara normal maka di sinilah para guru di tuntut kreatif untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan karena siswa sudah terlalu lama hampir satu tahun tinggal di rumah dengan pembelajaran jarak jauh. Melihat latar belakang di atas maka penulis sebagai guru PPKn akan memanfaatkan media pembelajaran google formulir sebagai media pembelajaran terutama dalam melaksanakan ulangan harian pada KD Sistem politk Indonesia untuk semua siswa kelas x di SMK Negeri 1 Tegal. media pembelajaran menurut Schramm 1977 adalah sebuah teknologi pembelajaran yang dapat di manfaatkan untuk keperluan pembelajaran. di katakan juga oleh Azhar (2011) media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas lebih lanjut di jelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar / wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Penulis dalam melaksanakan ulamgan KD Sistem Politik Indonesia menggunakan google Formulir. google Formulir adalah platform yang mudah di gunakan setiap orang yang memiliki akun Gmail.

Baca juga:   Wawasan Kebangsaan dan PPKn: Serupa tapi tak Sama

Langkah-langkah membuat soal pilian ganda di google Form sebagai media ulangan harian online: Buka alamat google .com kemudian pilih blank / kosong untuk memulai form sendiri atau pilih template untuk menggunakan form yang telah di sediakan oleh google yang dapat di edit dengan kebutuhan. Selain itu dapat di lakukan melalui google drive. Selanjutnya klik baru klik lainnya dan klik google formular.

Kemudian akan muncul tampilan google form yang bisa di edit yaitu jawaban singkat, paragraf ,pilihan ganda serta kotak ceklis untuk tipe pertanyaan pilihan ganda dapat digunakan untuk membuat soal ulangan atau kuis yang bisa di isi oleh siswa. Untuk membuatnya ketik pertanyaan kemudian ketik pilihan jawaban untuk soal tersebut dan atur pilihan pertanyaan pilihan ganda formulir untuk soal ulangan atau kuis perlu dilengkapi kunci jawaban dan skor untuk setiap pertanyaan. untukmengaturnya klik setelan pada bagian kanan atas, pilih kuis, klik jadikan ini sebagai kuis lalu klik simpan. kemudian klik pada kunci jawaban pada bagian kiri bawah .pilih jawaban yang benar dan ketik nilai yang di inginkan untuk soal tersebut pada bagian kanan atas. dan apabila soal sudah selasai di ketik saatnya guru mengirim soal atau formulir pada siswa lewat email atau tautan/link selanjutnya siswa sebagai responden yang akan melaksanakan ulangan online setelah menerima tautan/link dari guru dalm hal ini penulis sebagai guru PPKn. dan apabila siswa sudah selesai mengerjakan ulangan akan mengirim jawabannya dengan klik tombol kirim ada sebelah kiri.

Baca juga:   Serunya Debat Pro Kontra Pengaruh Iptek dalam PPKn

Dan siswa bisa melihat skor yang di perolehnya. kemudian guru bisa mengunduh data hasil ulangan dalam format exel dengan klik notasi spreadsheet. Di ketahui bahwa keunggulan dari google form tampilan yang menarik, responden atau siswa dapat segera memberikan tanggapan ulangan, dan hasilnya langsung bisa tersusun di analisis secara otomatis .sedangkan kekurangan dari google form adalah desain yang terbatas, tidak bisa di gunakan untuk diskusi online, tidak bisa menggunakan equation dengan secara langsung.

Dari kelebihan dan kekurangan google formulir sangat membantu proses ulangan harian online sistim politik Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 1 Tegal merasa bersemangat mengikuti ulangan PPKn. (gb1/zal)

Guru PPKn SMKN 1 Tegal

Populer

Lainnya