Strategi Crossword Puzzle Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi ini pembelajaran dilaksanakan secara online, dalam pelaksanaan pembelajaran secara online terdapat beberapa kendala. Sebagai indikator kendala tersebut adalah siswa kurang fokus mengikuti proses pembelajaran, pemahaman siswa terhadap materi yang sangat kurang dan kurangnya motivasi siswa untuk mengungkapkan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan, sehingga sebagian besar siswa tidak mencapai KKM.

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana, metode dan perangkat aktivitas yang terencana untuk meraih tujuan pembelajaran. Definisi lain dari strategi pembelajaran yaitu suatu rencana rangkaian kegiatan yang pada pemakaian metode dan penggunaan akan semua sumber daya atau kekuatan demi adanya pembelajaran yang disusun untuk meraih tujuan tertentu. Berdasarkan definisi strategi tersebut dapat dipahami dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan suatu strategi yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

Pada kesempatan ini penulis mencoba untuk menerapkan strategi yang di dalamnya terdapat aktifitas siswa yang banyak unsur bermainnya, sehingga siswa dapat bermain sambil belajar. Salah satu strategi tersebut adalah Crossword Puzzle. Strategi ini penulis gunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa pada materi memahami cerita Anoman Dutha. Pada materi ini siswa dituntut untuk memahami isi cerita, tokoh-tokoh cerita, dan watak para tokoh. Strategi pembelajaran crossword puzzle merupakan strategi pembelajaran yang disisipi dengan permainan yang asik, yang digunakan sebagai strategi pembelajaran menyenangkan, tanpa menghilangkan esensi belajar yang sedang berlangsung (Hisyam Zaini,dkk: 2008,71). Strategi ini melibatkan partisipasi siswa aktif sejak kegiatan pembelajaran dimulai. Siswa diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Strategi ini siswa akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat tercapai secara maksimal.

Baca juga:   Meningkatkan Vocabulary dengan Game Kata Berkait

Langkah-langkah dalam pelaksanaan strategi pembelajaran crossword puzzle menurut Hizam Zaini, dkk. (2008: 71) adalah (1) menuliskan kata kunci, (2) membuat kisi-kisi yang sesuai dengan materi pembelajaran. 3) membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubunagn dengan materi Anoman Dutha, beserta jawabanya, (4) setelah selesai buat game crossword puzzle pada aplikasi google (5) batasi waktu untuk mengerjakan. (6) berilah skor kepada siswa yang berhasil mengerjakan paling cepat dan benar.

Pembelajaran menggunakan stratrgi crossword puzzle ini dilaksanakan secara online, maka penulis menggunakan aplikasi Whatshapp (WA) dan google form. Penggunaan aplikasi WA untuk mengirimkan link pada google form. Siswa dapat membuka link pada google form dan mengerjakannya secara online. Dengan menggunakan strategi ini diharapkan hasil pembelajaran siswa dalam memahami cerita Anoman Dhuta dapat berjalan dengan baik.

Populer

Lainnya