Peran Guru BK dalam Memotivasi Siswa di Masa Pandemi

Oleh : Ida Dwi Wiyanti, S. Psi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Semenjak diberlakukannya masa darurat Covid-19 pada 16 Maret 2020, hampir seluruh sekolah di Indonesia mengambil kebijakan untuk pembelajaran via daring atau disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan adanya pembelajaran daring, guru dan siswa sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran (Ni Wayan, 2020).

Hambatan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran jarak jauh adalah tidak memiliki HP Android, HP rusak, paket data habis dan jaringan sinyal sulit. Permasalahan lain adalah rasa bosan yang berlebihan karena terlalu lama di rumah, sudah memiliki HP Android tetapi malas dalam mengerjakan tugas karena lebih mengutamakan bermain game, facebook, instagram dan aplikasi lain yang ada di HP. Kesulitan dalam memahami materi pelajaran juga menjadi alasan siswa kurang maksimal dalam mengerjakan tugas. Di sini peran guru Bimbingan Konseling sangat diperlukan untuk membangkitkan semangat siswa.

Untuk mengatasi hambatan belajar yang dirasakan siswa, guru BK harus berperan aktif dalam memotivasi siswa agar bangkit dari rasa malas belajar. Salah satu cara adalah melalui media pembelajaran Grup Whatsapp dan aplikasi Ruang Guru. Melalui Grup Whatssapp kelas, guru BK menjalin komunikasi dengan semua siswa yang diasuhnya, siswa mengisi link google form sebagai wadah curhat permasalahan yang dialami siswa dan penggunaan aplikasi Ruang Guru untuk memberikan layanan klasikal tiap minggu meliputi pemberian materi layanan bimbingan bidang pribadi, sosial, belajar dan karier.

Baca juga:   Google Jamboard Alternatif Media Pembelajaran Interaktif

Dari grup WA kelas, guru BK dapat menjalin komunikasi dengan siswa untuk mengatasi permasalahannya dan memberikan informasi tentang seputar layanan Bimbingan Konseling, siswa dapat curhat melalui link google form yang diberikan di grup WA kelas sehingga dapat diketahui permasalahan setiap siswa. Untuk mengatasi hambatan belajar aplikasi ruang guru sebagai sarana guru BK dalam menyampaikan materi bimbingan belajar sehingga siswa dapat mengatasi hambatan belajar yang dialaminya. Guru BK bekerjasama dengan wali kelas dan guru mata pelajaran untuk menangani siswa yang sama sekali tidak mengerjakan tugas atau mengerjakan tugas tetapi tidak tuntas dengan cara mengundang siswa dan orang tua datang ke sekolah dengan bergiliran sesuai protokol kesehatan. Jika orang tua dan siswa sulit dihubungi, jalan terakhir adalah home visit. Upaya ini dilakukan agar diketahui hambatan apa yang dialami siswa dalam mengerjakan tugas dan dicarikan solusinya.

Dengan adanya hambatan belajar yang dirasakan oleh siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh ini, para guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengatasi kesulitan dalam pembelajaran, lebih fleksibel dalam berkomunikasi agar mampu menampung segala keluh kesah siswa dalam menyelesaikan permasalahannya. Kerjasama yang baik antara guru BK, wali kelas, guru mata pelajaran dan orang tua akan sangat membantu siswa dalam mengatasi hambatan belajar sehingga siswa diharapkan bangkit dari keterpurukan mental yaitu rasa malas dan bosan serta tetap bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. (ipa1/ton)

Baca juga:   Ujian Praktik IPA Asyik dan Menarik

Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 2 Brangsong, Kendal

Populer

Lainnya