Olimpiade Sains Matematika SMP Negeri 1 Kranggan Tingkat Kabupaten Temanggung

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada anak dalam dunia pendidikan.

Merupakan mata pelajaran yang membekali keterampilan berhitung dan berpikir logis untuk membentuk pribadi yang cerdas, terampil, dan bertingkah laku baik yang sangat berguna dalam kehidupan.

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika tingkat kabupaten. Pemahaman terhadap materi sebelumnya berpengaruh terhadap pemahaman materi berikutnya. Materi Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Tingkat Kabupaten SMP adalah materi pelajaran matematika dari kelas 7 sampai dengan kelas 9. Peringkat lomba OSN matematika tingkat kabupaten tahun pelajaran 2016/2017 SMPN 1 Kranggan adalah 28 dengan skor nilai 5, nilai tertinggi 62 dan nilai terendah -5 serta diikuti oleh 50 sekolah. Sebagian besar siswa mengeluhkan kendala dalam mempersiapkan diri menghadapi lomba OSN matematika adalah lupa dengan materi pada kelas-kelas sebelumnya. Selain itu, mereka kesulitan saat menghadapi atau mengerjakan soal itu sendiri. Siswa kesulitan saat menerapkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah saat mengerjakan soal.

Berpijak dari inilah, memasuki tahun pelajaran 2017/2018 perlu strategi baru agar hasil Lomba OSN Matematika Tingkat Kabupaten siswa dapat meningkat. Strategi itu adalah dengan metode drill bagi siswa di SMP Negeri 1 Kranggan tahun pelajaran 2017/2018.

Baca juga:   PBL, Model Pembelajaran Bermakna di Masa Pandemi Covid 19

Herman Hudojo (2003:5) mengungkapkan matematika berkenaan dengan ide-ide, struktur-struktur dan hubungannya yang diatur dengan konsep- konsep abstrak. Sementara menurut Najib Sulhan (2006:7) pembelajaran adalah suatu sistem atau proses membelajarkan subjek didik/pembelajar yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar subjek didik pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Herman Hudojo (2003: 123) menyatakan pembelajaran matematika berarti pembelajaran tentang konsep-konsep dan struktur-struktur yang terdapat dalam batasan yang dipelajari serta mencari hubungan antara konsep-konsep dan struktur-struktur tersebut.

Pemahaman dalam pembelajaran matematika sudah seharusnya ditanamkan kepada setiap siswa oleh guru sebagai pendidik. Karena tanpa pemahaman, siswa tidak bisa mengaplikasikan prosedur, konsep, ataupun proses. Matematika akan dimengerti dan dipahami bila siswa dalam belajarnya terjadi kaitan antara informasi yang diterima dengan jaringan representasinya.

Menurut Winkel dalam Purwanto (2014:45) hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Hasil belajar matematika meliputi aspek pemahaman dan penerapan konsep serta aspek kinerja.

Aspek pemahaman dan penerapan konsep mencakup semua kognitif. Aspek kinerja mencakup aktifitas yang melatih dan mengembangkan keterampilan dan sikap, aspek ini mencakup ranah psikomotorik dan afektif. Sehingga hasil Lomba Olimpiade Sains Nasional Matematika Tingkat Kabupaten siswa dapat digunakan sebagai tolok ukur kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:   Memahami Gaya Pembelajaran Peserta Didik

Strategi dalam penerapan metode drill dalam meningkatkan prestasi lomba olimpide sains matematika tingkat kabupaten bagi siswa di SMP Negeri 1 Kranggan. Latihan dapat dilakukan dalam berbagai kesempatan belajar, baik secara lisan maupun secara tulisan, dalam bentuk mental maupun fisik. Meskipun metode ini dapat digunakan dalam berbagai kegiatan belajar, tidaklah berarti setiap metode ini tergantung pada keperluan-keperluan khusus, seperti mengerjakan soal-soal matematika.

SMP Negeri 1 Kranggan terdiri dari 7 kelas paralel atau sekitar 224 siswa. Prestasi Lomba OSN Matematika Tingkat Kabupaten dari tahun pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan dibandingkan tahun pelajaran 2016/2017. Nilai lomba OSN matematika pada tahun pelajaran 2016/2017 adalah 5 peringkat 28 dari 50 sekolah yang mengikuti. Sedangkan nilai OSN matematika tingkat kabupaten tahun pelajaran 2017/2018 adalah 27 atau peringkat 5 dari 58 sekolah yang mengikuti. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi lomba OSN matematika tingkat kabupaten dengan metode drill bagi siswa peserta lomba OSN SMP Negeri 1 Kranggan tahun pelajaran 2017/2018 yaitu kenaikan nilai prestasi lomba OSN matematika yaitu 27. (ss2/lis)

Guru Matematika SMPN 1 Kranggan,Temanggung

Populer

Lainnya