Sistem Pernapasan Manusia dengan Model Card Sort (Kartu Sortir)

Oleh : Yuli Susanti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pernapasan merupakan salah satu tanda vital yang paling utama di tubuh. Seseorang bisa bernapas berkat kerja sistem pernapasan yang baik. Sistem pernapasan pada manusia adalah sekumpulan organ yang terlibat dalam proses pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida dalam darah. Seseorang dapat dikatakan memiliki laju pernapasan normal apabila ia bisa bernapas sebanyak 12-20 kali dalam satu menit dan berlangsung secara berkesinambungan.

Card sort (kartu sortir) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menggunakan potongan-potongan kertas yang dibentuk seperti kartu yang berisi informasi atau materi pembelajaran. Bentuk pembelajaran card sort merupakan kegiatan pembelajaran yang bersifat kolaboratif, saling tolong menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan lewat permainan kartu.
Model card sort bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi informasi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Pembelajaran aktif model card sort, merupakan pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa, keaktifan belajar siswa merupakan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dengan melibatkan kegiatan fisik dan mental. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2003 : 114-115), keaktifan siswa dalam pembelajaran terlihat dari kegiatan fisik sampai kegiatan psikis yang sulit diamati.

Baca juga:   Menumbuhkan Minat Membaca sejak Usia Dini

Kegiatan fisik di antaranya dalam bentuk kegiatan membaca, mendengarkan, menulis, memeragakan, dan mengukur. Sedangkan kegiatan psikis seperti mengingat kembali isi pelajaran pertemuan-pertemuan sebelumnya, menggunakan khasanah pengetahuan yang dimiliki dalam memecahkan masalah yang dihadapi, menyimpulkan hasil eksperimen, dan membandingkan satu konsep dengan konsep yang lain.

Materi sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 3 Bodeh dapat disampaikan dengan model card sort bila telah diperbolehkan pembelajaran tatap muka. Karena materi sistem pernapasan pada manusia merupakan materi yang menekankan pada konsep dan juga bersifat mengulang informasi yang telah diberikan sebelumnya. Serta materi sistem pernapasan akan lebih menarik dan tidak membosankan bila dalam penyampaiannya atau pembelajarannya melibatkan kegiatan fisik.

Beberapa kelebihan menggunakan model pembelajaran card sort antara lain membiasakan siswa bekerja sama dan mengembangkan sikap saling menghargai dalam berpendapat. Mudah dilaksanakan karena prosedur pelaksanaannya sangat sederhana sehingga siswa tidak akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya. Serta pembelajaran model card sort melibatkan kegiatan fisik, sehingga guru dapat kembali mengarahkan siswa yang merasa penat/letih karena mengikuti pelajaran sebelumnya. (pg2/lis)

Baca juga:   Implementasi PJBL pada Mata Pelajaran Prakarya

Guru IPA SMPN 3 Bodeh, Kabupaten Pemalang

Populer

Lainnya