Menakar Aktivitas Belajar dari Rumah Peserta Didik

Oleh : Imam Hadi Ismanto, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menakar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk dalam kelas kata verba (kata kerja) yaitu mengukur dan membatasi. Dalam hal ini penulis memilih kata kerja mengukur untuk arti kata menakar, artinya mengukur seberapa maksimalkah aktivitas Belajar Dari Rumah (BDR) peserta didik di masa pandemi covid-19.

Skema proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 di lakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Aktivitas belajar adalah segala kegiatan yang dilaksanakan baik secara jasmani atau rohani selama proses pembelajaran (Desi Sumiati; skripsi 2013). Kemudian aktivitas Belajar Dari Rumah (BDR) di masa pandemi, dapat diartikan kegiatan yang dilakukan peserta didik baik secara jasmani maupun rohani dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Banyak keluhan dari guru mata pelajaran, dari beberapa pertemuan PJJ peserta didik yang paling banyak ditemui tidak mengikuti PJJ sebagian besar pada jurusan IPS.

Ada faktor penyebab yang melatarbelakanginya, mulai tidak punya gawai (HP) maupun gawai (HP) rusak dan tidak sedikit pula peserta didik yang bekerja di tengah – tengah kegiatan PJJ, sehingga hal ini bisa dimungkinkan peserta didik “lupa” akan statusnya sebagai pelajar. “Lupa” status sebagai pelajar dimaksud di sini bahwa peserta didik abai dengan materi pelajaran yang sudah di share melalui google classroom, tugas maupun ulangan harian melalui google form yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Yang mana peserta didik terlena karena tidak adanya aktivitas belajar di sekolah dan menganggap tidak ada pantauan langsung dari guru mata pelajaran, ini terjadi pada beberapa peserta didik di sekolah penulis. Dari fenomena tersebut, bahwa aktivitas BDR peserta didik bisa dianggap belum maksimal.

Baca juga:   Mudah Pahami Negara ASEAN dengan Metode Make A Match

Langkah yang penulis lakukan, pada peserta didik yang terkendala dengan gawai (HP) bisa disiasati untuk datang ke sekolah membuat kesepakatan dengan guru mata pelajaran skema pengganti untuk proses pembelajaran secara online. Dengan demikian peserta didik tetap terpenuhi haknya untuk mendapatkan layanan pendidikan. Kemudian pada peserta didik yang “lupa” akan status sebagai pelajar. Pertama, sebagai guru BK penulis melakukan panggilan (konseling), dan secara berkala berkolaborasi dengan wali kelas lakukan kunjungan rumah tentu dengan mematuhi protokol kesehatan. Dengan langkah di atas yang dilakukan secara berangsur – angsur peserta didik yang “lupa” akan status sebagai pelajar mulai tergugah.

Kedua, menjalin komunikasi dengan orang tua (keluarga) peserta didik, aktivitas belajar dari rumah harus melibatkan peran serta orang tua, dalam artian orang tua harus selalu memantau/peduli pada aktivitas belajar dari rumah putra – putrinya demi keberhasilan dalam pendidikan. Dengan demikian akan terjalin komunikasi tiga arah antara guru, peserta didik dan orang tua. Berbeda situasi ketika Pembelajaran Tatap Muka (PTM), semua aktivitas belajar peserta didik sepenuhnya tanggung jawab guru di sekolah. Aktivitas belajar dari rumah (BDR) peserta didikpun tidak sebanyak dalam kondisi normal, artinya ada pengurangan jam belajar. Dari sini sudah ada kelonggaran dalam PJJ, dan penting keterlibatan pihak keluarga peserta didik.

Baca juga:   Menulis Puisi dengan Metode Sugesti Imajinasi Media Lagu

Dan tidak kalah penting juga peran orang tua demi ketercapaian BDR diantaranya; memastikan anak didik siap mengikuti pembelajaran, menyiapkan waktu untuk mendukung proses PJJ, mendorong anak agar aktif selama proses PJJ, memastikan anak mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauan belajar harian, mengumpulkan foto lembar aktivitas dan penugasan setiap hari, proaktif berdiskusi/komunikasi terkait tantangan dan kendala yang dihadapi selama proses PJJ. BDR bisa berjalan dengan baik manakala ada keterlibatan peran orang tua, demi masa depan putra – putrinya dikemudian hari. Dan semoga pandemi covid-19 segera berakhir. (pg2/ton)

Guru SMAN 1 Ulujami, Kab. Pemalang

Author

Populer

Lainnya