Tingkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Active Learning Tipe Quiz Team

Oleh : Achmad Jafar, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menurut Wina Sanjaya (2008: 26) pembelajaran adalah proses kerja sama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada. Baik potensi yang bersumber dari dalam diri siswa maupun potensi yang ada di luar diri siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sebagai suatu proses, pembelajaran tidak hanya menitikberatkan pada kegiatan guru atau kegiatan siswa saja, tetapi guru dan siswa bersama-sama berusaha untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal tersebut menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan guru bertindak sebagai fasilitator. Maka, proses pembelajaran haruslah melibatkan siswa secara maksimal baik mental maupun fisik.
Terkait tujuan IPS tersebut maka dalam kegiatan pembelajaran IPS, guru hendaknya menerapkan prinsip belajar aktif yang melibatkan siswa secara fisik, mental (pemikiran, perasaan dan sikap sosial) serta sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan guru khususnya guru kelas VI SDN 01 Klesen, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan dapat diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan pendekatan student centered. Masih teacher centered, yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru.
Dari hasil observasi tersebut guru kelas VI terpanggil untuk menerapkan proses pembelajaran yang belum pernah diterapkan dalam pembelajaran di SDN 01 Klesem, Kecamatan Kandangserang.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa yaitu dengan pembelajaran aktif tipe quiz team. Pembelajaran aktif tipe quiz team dipilih karena sesuai dengan tingkat perkembangan karakteristik siswa SD.

Baca juga:   Ciptakan Budaya Literasi dengan Media Gambar Berseri

Peranan active learning tipe quiz team terhadap prestasi belajar IPS dalam pembelajaran siswa kelas VI “Karakteristik siswa SD kelas VI yaitu proses berfikir siswa kritis dan realistis sesuai dengan hal-hal yang konkret keingintahuan siswa tinggi dan suka belajar secara kelompok.”

Model pembelajaran aktif (active learning ) tipe quiz team berpusat pada siswa. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran baik secara fisik, emosional maupun psikis. Selain itu, pada quiz team terdapat kegiatan melempar kuis dari kelompok satu ke kelompok lain.

Teknik ini mengemas pembelajaran berpusat pada siswa dengan belajar secara berkelompok. Terdapat beberapa aktifitas siswa dalam quiz team seperti memahami materi, berdiskusi dalam kelompok, presentasi, dan kompetisi dalam membuat dan menjawab pertanyaan.

Sehingga muncul semangat dan tanggung jawab dalam kelompok. Setting dalam pembelajaran active learning (pembelajaran aktif) tipe quiz team dibuat di dalam kelas. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok masing-masing terdiri dari 7 siswa.

Pembagian kelompok bersifat heterogen yang ditentukan oleh guru. Posisi tempat duduk siswa dibuat perkelompokan dengan berbentuk huruf U. Masing-masing kelompok mendapatkan materi diskusi yang berbeda-beda.

Baca juga:   Komunikasi Keluarga Kondusif, Sukseskan Pendikel

Setelah diskusi selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan menjadi pemimpin kuis. Pada saat adanya kuis kelompok maka kelompok penjawab harus menguasai materi dengan baik sehingga dapat menjawab kuis dengan benar.

Siswa berkompetisi dalam kuis kelompok supaya menjadi kelompok terbaik. Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa dalam proses pembelajaran active learning (pembelajaran aktif ) tipe quiz team. Sedangkan aktifitas siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam berkelompok dan saling berkompetisi supaya kelompoknya menjadi yang terbaik. Dengan pembelajaran active learning (pembelajaran aktif) tipe quiz team terdapat peningkatan hasil prestasi belajar pelajaran IPS Kelas VI persentase yang tadinya sebelum penerapan pembelajaran tersebut hanya 55 persen sekarang menjadi 90 persen.

Melalui pembelajaran aktif tipe quiz team diharapkan permasalahan yang terjadi di SDN 01 Klesem dapat teratasi. Proses pembelajaran menjadi efektif dan semua siswa aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu siswa juga mampu bekerja sama dalam kelompok dalam memahami materi sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Dapat diasumsikan pembelajaran aktif tipe quiz team dapat meningkatkan proses pembelajaran dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SDN 01 Klesem Kecamatan Kandangserang. (pg2/lis)

Guru SDN 01 Klesem, Kandangserang, Kabupaten Pekalongan.

Populer

Lainnya