Memahami Budaya Asing dalam Belajar Bahasa Inggris

Oleh : Mustikahwati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Budaya memegang peranan penting dalam mempelajari suatu bahasa. Keterkaitan antara budaya dan bahasa tidak dapat dipisahkan jika seseorang ingin menguasai sebuah bahasa termasuk bahasa Inggris. Budaya juga akan mempengaruhi pikiran penutur bahasa. Hal ini dapat dilihat ketika bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari terbukti dapat membentuk suatu budaya. Berkomunikasi dalam suatu kelompok sosial tidak hanya berbicara dan bertukar pikiran, tetapi juga belajar, berpikir, dan percaya pada cara interaksi yang digunakan. Oleh karena itu, belajar bahasa tidak hanya melibatkan pengetahuan tentang bahasa, tetapi juga budaya kebiasaan dan nilai-nilai yang membingkai bahasa agar sejalan dengan budaya.

Singkatnya budaya asing adalah perilaku seseorang dalam masyarakat dengan mencontoh atau meniru perilaku yang dilakukan bangsa di benua Eropa. (https://www.ilmubudaya.com/2018/07/budaya-asing.)
Bahasa Inggris adalah bahasa yang dipatenkan menjadi bahasa internasional. Setiap seseorang di seluruh belahan dunia dapat berkomunikasi dengan seseorang yang mempunyai bahasa yang berbeda dengan menggunakan bahasa Inggris.
Secara singkat kita dapat bayangkan bahwasanya bahasa Inggris seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan seseorang dengan seseorang, atau seseorang dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok dengan satu bahasa untuk berkomunikasi. Maka dari itu, bahasa Inggris penting untuk diketahui dan dipelajari.

Baca juga:   Online Games Atasi Kejenuhan Siswa Belajar Kosa Kata secara Daring

Ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai pentingnya bahasa Inggris; Charlemagne adalah seorang raja kaum Frank atau bisa disebut sebagai kaisar Romawi. Dia mengatakan bahwasanya, mempelajari bahasa asing sama halnya dengan memilik jiwa kedua. Maksud dari pernyataan dari Charlemagne adalah, ketika seseorang mempelajari bahasa baru maka secara tidak langsung dia juga mempelajari budayanya.

Mengapa demikian? Misalnya, seseorang yang berasal dari Indonesia mempelajari bahasa Inggris, maka secara tidak langsung ia mempelajari budaya Inggris seperti cara mengutarakan permintaan atau tawaran yang baik dan sopan, cara bersikap, kata-kata yang tidak pantas di negara tersebut, dan lain sebagainya yang lama-kelamaan terserap dalam jiwa hingga dia bersikap atau berperilaku seperti bangsa tersebut (https://azbahasainggris.com).

Adanya keterkaitan erat antara bahasa dan budaya, yaitu ketika seseorang ingin menguasai bahasa Inggris. Maka budaya dari bahasa tersebut juga harus dipelajari. Dan bahwa seseorang mulai menyadari pentingnya mengenal budaya bangsa di Eropa. Hal ini dikarenakan apabila ingin sukses dalam berkomunikasi dan berinteraksi dalam bahasa Inggris, maka konten budaya juga harus diajarkan di dalam kelas melalui berbagai cara seperti penggunaan bahan otentik, amsal, permainan peran, siswa sebagai sumber budaya, studi etnografi, dan literatur. (https://core.ac.uk/download/pdf/229579069.pdf).

Baca juga:   Pemanfaatan Film Animasi dalam Pembelajaran Writing

Dengan memahami budaya asing dalam belajar bahasa Inggris, akan meningkatkan perspektif siswa SMKN 1 Windusari dalam melihat sesuatu yang tidak biasa bagi dilihat ataupun dirasakan. Siswa juga dapat menghormati sudut pandang orang lain dalam berdebat, menjelaskan atau memberikan pendapat. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi budaya contohnya penggunaan bahan otentik, pertukaran siswa, studi etnografi, dan literatur. Buku teks bisa juga menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk mengenalkan literasi budaya.

Namun siswa harus memilih budaya asing dengan tepat agar keseimbangan multi budaya tetap terjaga. Setiap kategori budaya dapat membantu mereka meningkatkan kompetensi komunikatif mereka. Misalnya cara native speaker berbahasa, berinteraksi serta pola hidup mereka dapat membantu siswa mengadopsi dan meniru.

Dapat disimpulkan bahwa budaya asing harus dikenalkan kepada siswa untuk menggali lebih dalam potensi bahasa mereka dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. (pm2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMKN 1 Windusari, Kabupaten Magelang.

Populer

Lainnya