Tingkatkan Hasil Belajar Lempar Tangkap Bola Kecil dengan Bolu Babe

Oleh : Siti Munasih S.Pd M.Si

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) bertujuan mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan sosial, berpikir kritis, keterampilan gerak, berlatih menjaga emosi, melatih sportivitas, bermoral, dan menjaga pola hidup sehat. Lempar tangkap bola merupakan dasar dalam bermain bola kecil dalam menerapkan keterampilan gerak dasar manipulatif dalam permainan sederhana.

Sebagian besar dalam menangkap bola lepas dan jatuh. Itu semua disebabkan bolanya keras/berat. Kalau sudah kena tangan langsung mental jatuh ke tanah. Dalam melempar tidak tepat pada lawan, akhirnya membuat anak takut menangkap bola dan malas melakukan lempar tangkap bola. Siswa belum mampu memahami secara benar gerak dasar dari melempar dan menangkap bola, baik melalui penjelasan secara verbal maupun unjuk kerja yang telah dicontohkan.

Proses pembelajaran yang efektif diciptakan agar prestasi belajar siswa lebih maksimal. Maka diperlukan usaha dari guru untuk memotivasi seluruh siswa belajar dan saling membantu satu sama lain, menyusun kegiatan kelas secara matang sehingga siswa dapat memahami ide, konsep, dan keterampilan yang diberikan.

Aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Aktivitas merupakan asas terpenting dalam belajar. Jadi aktivitas belajar dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa, raga, psikofisik menuju perkembangan pribadi individu seutuhnya, yang menyangkut unsur cipta (kognitif), rasa (afektif), dan karsa (psikomotorik).

Baca juga:   Meningkatkan Keterampilan Teknik Pengelasan Berbasis Proyek

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Media pembelajaran bolu babe adalah media bola lunak yang terbuat dari bahan bekas. Bahan bekas disini serabut kelapa yang dihaluskan dibentuk bulat lalu diikat dengan benang yang sebesar bola kasti. Bola yang terbuat dari serabut disini bahan mudah didapat, dipantulkan bisa memantul, hemat biaya, dan sangat mudah membuatnya.

Proses kegiatan melempar dan menangkap biasanya menggunakan bola sebagai medianya. Melempar adalah gerakan mengarahkan satu benda/bola yang dipegang dengan cara mengayunkan tangan ke arah tertentu. Gerakan ini dilakukan dengan menggunakan kekuatan tangan dan lengan serta memerlukan koordinasi beberapa unsur gerakan. Otot tangan dan lengan merupakan kekuatan dalam melakukan kegiatan lempar tangkap bola.

Menangkap adalah memegang sesuatu yang bergerak cepat dan lepas. Sedangkan lengan merupakan kekuatan dalam melakukan kegiatan lempar tangkap bola. Teknik/cara melempar bola ada tiga, 1) cara melempar bola lambung, 2) cara melempar bola mendatar, dan 3) cara melempar bola bawah. Sedangkan teknik menangkap ada tiga, 1) menangkap bola bawah, 2) menangkap bola lurus, dan 3) menangkap bola lambung.

Baca juga:   Belajar Kesebangunan dengan Media Tangram Menjadi Lebih Mudah

PTK ini menggunakan beberapa siklus tindakan pembelajaran berdasarkan refleksi mengenai hasil dari tindakan-tindakan pada siklus sebelumnya. Setiap siklus tersebut meliputi empat langkah yang terdiri atas perencanaan tindakan (planing), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting).

Hasil kesimpulan penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar materi lempar tangkap bola kecil dengan media bolu babe. Terbukti yang sebelumnya malas bermain, sekarang lebih tertarik latihan sendiri tanpa diperintah. (pg2/ida)

Guru SD Negeri 01 Kalimojosari, Kec. Doro, Kab. Pekalongan

Populer

Lainnya