Pendampingan Belajar Siswa PAUD melalui Whatsapp Sangat Efektif

Oleh : Sutiati S.Pd.AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENYEBARAN Covid-19 saat ini tengah melanda seluruh negara, salah satunya Indonesia. Pemerintah berupaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas dengan membuat kebijakan pembatasan wilayah. Dampak dari adanya pandemi tersebut, salah satunya berdampak pada bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman untuk menyelenggarakan pembelajaran dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19 ini.

Proses pelaksanaan pembelajaran daring yang diberlakukan bagi semua jenjang pendidikan tersebut tentunya menimbulkan tantangan dan problematika khususnya bagi pelaksanaan pembelajaran anak usia dini. Karena terdapat beberapa kendala yang dirasakan oleh guru, salah satunya adalah pemberian tugas dan proses pelaksanaan pembelajaran daring itu sendiri. Karena tidak semua orang tua memiliki perangkat yang memadai untuk dilaksanakannya proses pembelajaran daring. Sehingga pembelajaran daring sulit untuk dilaksanakan melalui video call ataupun zoom meeting karena terdapat beberapa orang tua yang bekerja dan terbatasnya perangkat yang dimiliki. Sehingga pembelajaran daring hanya bisa dilaksanakan melalui penugasan grup whatsapp.

Baca juga:   Dengan Media Video Pembelajaran Hafalan Doa Sehari-Hari Lebih Mudah

Dalam mewujudkan program wajib pembelajaran daring untuk siswa di TK Pertiwi 01 Tegalsari Timur, penulis membuat media berupa lembar kerja siswa yang telah disesuikan dengan indikator pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) serta berdiskusi dengan guru-guru terkait mengenai materi yang akan dibuat dalam lembar kerja. Lembar kerja dibuat dengan menggunakan ilustrasi yang menarik, serta penggunaan warna yang disesuaikan dengan karakteristik anak-anak.

Selain membuat beberapa lembar kerja, penulis membuat video animasi mengenai instruksi penugasan lembar kerja yang ditujukan sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak mengerjakan tugas tersebut. Selain berfungsi sebagai panduan, lembar kerja tersebut juga memberikan informasi terkait aspek atau indikator apa saja yang akan dicapai anak dalam setiap instruksi lembar kerja yang telah diberikan. Video animasi mengenai instruksi penugasan lembar kerja tersebut selanjutnya dikirim melalui grup whatsApp yang berisi orang tua siswa dan guru.

Selain itu, untuk pendampingan pembelajaran siswa, saya melakukan bimbingan melalui grup whatsApp terkait tugas lembar kerja yang telah diberikan kemudian siswa akan mengerjakan tugas tersebut dengan memberikan bukti foto kolase yang menunjukan tahapan siswa mengerjakan tugas.

Baca juga:   Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di Taman Kanak-Kanak

Selain membantu dalam pembuatan media serta pendampingan siswa dan orang tua, saya juga membantu guru dalam mengerjakan beberapa tugas administrasi sekolah seperti pengisian dan mencetak rapor siswa. Pembelajaran dengan penugasan lembar kerja dan pemberian video instruksi pengerjaan bagi orang tua melalui grup whatsapp diharapkan menjadi salah satu strategi pelaksanaan pembelajaran daring untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Walaupun dengan berbagai keterbatasan yang ada, pembelajaran daring ini diharapkan menjadi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. (ag2/ida)

Guru TK Pertiwi 01 Tegalsari Timur.

Populer

Lainnya