Belajar Rangkaian Listrik Sederhana melalui Model PjBL

Oleh: Sri Lasmi, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mempelajari materi yang membutuhkan kompetensi menghasilkan produk membutuhkan waktu cukup juga kerjasama antarsiswa dalam kelompok belajar. Contohnya mempelajari materi IPA yang berkaitan dengan kegiatan praktikum, salah satunya tentang rangkaian listrik sederhana. Ada kesulitan dirasakan oleh penulis dalam mengajar kelas VI di SDN 04 Susukan dalam pembelajaran tentang materi rangkaian listrik sederhana. Maka penulis mencoba menerapkan model PjBL untuk mengatasinya.

Menurut Fortana (Suherman 2003 : 7-8), belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu yang relatif tetap sebagai hasil dari pengalaman. Dan menurut Sunarya (1989 :27), belajar adalah merupakan suatu kegiatan seseorang membuat atau menghasilkan suatu perubahan tingkah laku yang ada pada dirinya dalam pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Di dalam pembelajaran terdapat peran aktif siswa sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan yang akan memudahkan siswa dalam menguasai materi dan mendapatkan pengalaman belajar.

Belajar rangkaian listrik sederhana model Project Based Learning (PjBL) merupakan pembelajaran menggunakan proyek sebagai inti pembelajaran inovatif yang melibatkan siswa dalam mempelajari pengetahuan dan ketrampilan melalui proses yang terstruktur, pengalaman nyata dan teliti untuk menghasilkan suatu produk. Nursalam dan Effendi (2018) menyatakan bahwa dalam pembelajaran PjBL, siswa diminta untuk mengerjakan tugas/proyek yang telah dirancang secara sistimatis. Selain itu siswa diminta untuk menunjukkan kinerjanya dan bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaannya.

Baca juga:   Theaching Factory, Paradigma Sekolah Kejuruan di Indonesia

Tujuan rancangan dibuat sistematis agar siswa dapat belajar tentang pengetahuan dan ketrampilan melalui suatu proses pencarian yang terstruktur. Karakteristik model pembelajaran PjBL dikembangkan berdasarkan tingkat berpikir siswa sehingga mereka dapat beraktifitas sesuai dengan ketrampilan, kenyamanan dan minat belajarnya. Model pembelajaran PjBL memberikan kesempatan siswa untuk menentukan sendiri proyek yang akan dikerjakan, merumuskan pertanyaan yang akan dijawab. Sedangkan peran guru dalam pembelajaran ini sebagai fasilitator yang menyediakan alat dan bahan. PjBL mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah dan memastikan siswa tetap bersemangat mengikuti pembelajaran. Proses evaluasi dalam model pembelajaran ini dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan dan penilaian hasil akhir kegiatan dilakukan secara kualitatif.

Model PjBL ini tentunya mempunyai kelebihan dan kelemahan untuk diterapkan dalam belajar tentang rangkain listrik sederhana. Kelebihan pembelajaran model PjBL antara lain Pertama, meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah. Kedua, meningkatkan kolaborasi antarsiswa. Ketiga, membuat siswa lebih aktif dan berhasil dalam memecahkan masalah yang bersifat kompleks. Adapun kelemahan dari pembelajaran ini yaitu Pertama, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah relatif lama. Kedua, harus menyediakan alat untuk melakukan penelitian. Ketiga ,siswa kurang aktif dalam kegiatan kelompoknya.

Baca juga:   Asyiknya Menelaah Teks Puisi dengan Circuit Learning

Dengan menerapkan pembelajaran PjBL siswa lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Kerjasama antarteman dalam satu kolompok memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat keberhasilan siswa. Siswa yang lemah, kesulitan atau belum memahami materi pelajaran tersebut akan termotivasi dan dibantu oleh teman-temannya dalam satu kelompok belajar sehingga semua siswa dapat menyelesaikan tugas/proyek yang diberikan oleh gurunya tanpa mengalami kesulitan lagi. Semua siswa dapat tuntas menyelesaikan komptensi yang diajarkan sesuai dengan indikator pembelajaran dan diharapkan siswa mampu menerapkan hasil belajarnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi karya nyata siswa dalam belajar untuk enerapkan ilmunya. (pg2/ton)

Guru Kelas SDN 04 Susukan, Kec. Comal, Kab. Pemalang

Populer

Lainnya