Tingkatkan Ketrampilan Menulis Puisi melalui Media Kartu Bergambar

Oleh : Ngarmi, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatakan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra.Empat kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa adalah membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Keempat aspek tersebut merupakan satu kesatuan atau saling berkaitan karena dalam kenyataanya penggunaan bahasa tidak lepas dari seluruh aspek tersebut. Ketika melakukan kegiatan menulis, diperlukan kegiatan mendengarkan, membaca dan berbicara. Dalam kemampuan menulis siswa diharuskan memiliki kompetensi untuk mampu menulis puisi dengan baik.

Pembelajaran ketrampilan menulis puisi pada tingkat sekolah dasar diharapkan siswa mampu menghayati dan menulis puisi dengan baik. Kenyataannya pada siswa kelas IV SDN 01 Kaliprau,pembelajaran tema 6 sub tema 2, Kompetensi Dasar menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan atau tulisan, materi ketrampilan menulis puisi, hasil siswa masih rendah atau di bawah KKM. Beberapa kelemahan siswa dalam menulis puisi yaitu ketidakmampuan siswa dalam menyampaikan imajinasi melalui kata-kata dalam bentuk puisi dan tidak trampil dalam memilih dan menyusun kata-kata dalam bentuk puisi.

Salah satu penyebab dari permasalahan di atas adalah kurangnya penerapan atau penggunaan media pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menstimulus minat belajar siswa. Salah satu tindakan komunikatif yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan media kartu bergambar. Media kartu bergambar merupakan salah satu alternatif media untuk meningkatkan ketrampilan menulis puisi siswa karena media ini dapat membantu siswa menyampaikan imajinasi melalui kata-kata dalam bentuk puisi dan dapat membantu pemilihan kata yang telah disediakan dan mampu menarik perhatian siswa selama pembelajaran.

Baca juga:   STAD Permudah Siswa Belajar PPKn

Menurut Nurgiyantoro (2005 : 312), mengemukakan bahwa puisi merupakan sebuah genre satra yang amat memperhaikan pemilihan aspek kebahasaan sehingga tidak salah jika dikatakan puisi adalah bahasa yang tersaring penggunaanya. Artinya pemilihan bahasa itu terutama aspek diksi serta mempertimbangkan diri dari berbagai unsur yang menyangkut bunyi, bentuk dan makna yang keseluruhannya harus memenuhi persyaratan untuk memperoleh efek keindahan. Media kartu bergambar merupakan pengembangan dari media gambar (grafis) yang penerapannya dikhususkan pada pembelajaran menulis puisi, di mana pada gambar tersebut divariasi dalam bentuk kartu dengan disediakan berbagai jenis pilihan kata di letak bagian bawah gambar. Media kartu kata bergambar dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam mempermudah pemilihan kata dalam penulisan puisi.

Langkah-langkah pembelajaran puisi menggunakan media kartu bergambar yaitu pertama, membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil. Kedua, guru membagikan kartu kata bergambar dan menjelaskan penggunaan media tersebut. Sebelum meminta siswa untuk menulis puisi, guru menyuruh siswa untuk memahami kartu bergambar yang telah dibagikan. Ketiga, menjelaskan dan mencontohkan beberapa puisi berdasarkan gambar. Keempat, menugaskan siwa untuk menulis puisi sesuai dengan gambar yang telah diperoleh.Pada saat dimulainya kegiatan menulis puisi, guru berkeliling untuk mencari tahu siswa yang kesulitan dalam menulis puisi.Kelima,guru menyuruh beberapa siswa untuk membacakan hasil karyanya (menulis puisi).

Baca juga:   Asyiknya Belajar Membaca dan Menulis dengan Pohon Kata

Kelebihan menggunakan media kartu bergambar antara lain mudah didapat,umumnya harganya murah, mudah digunakan,dapat mengatasi keterbatasan pengamatan dan dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Sedangkan kekurangan media kartu kata bergambar yaitu kartu hanya menekankan persepsi indra mata, juga kurang efektif jika menerangkan gambar yang terlalu kompleks dan ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar. Dari kelebihan maupun kekurangan, pembelajaran menulis puisi melalui media kartu bergambar, tetaplah dapat meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar, siswa kelas IV SDN 01 Kaliprau Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang sehingga siswa lebih termotivasi, dapat meningkatkan ketrampilan menulis puisi dan hasil belajar meningkat. (pg2/zal)

Guru SDN 01 Kaliprau, Pemalang

Populer

Lainnya