Eksperimen Menyenangkan dengan Pembelajaran Virtual Learning

Oleh : Syarifah S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEMAJUAN ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology, ICT) demikian pesat. Kemajuan ini berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, termasuk di dalamnya pendidikan. Sejalan dengan itu, otonomi pendidikan dan globalisasi pendidikan yang menekankan pada persaingan dan kualitas mulai berlangsung. Keberhasilan pelaksanaan otonomi dan globalisasi pendidikan hanya mungkin dapat dicapai dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pendidikan (Siti Julaeha, 2011:1).

Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan. Kualitas pendidikan menggambarkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menawarkan berbagai kemungkinan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. TIK dapat dimanfaatkan untuk peningkatan dan pengembangan kemampuan profesional dosen/guru, sebagai sumber belajar dalam pembelajaran, sebagai alat bantu interaksi pembelajaran, dan sebagai wadah pembelajaran (Depdiknas, 2004).

TIK dapat mempermudah serta membantu siswa dan guru dalam pembelajaran. TIK dapat digunakan untuk berbagai kepentingan mulai dari secara pasif untuk kepentingan presentasi, mencari informasi, berinteraksi dan berkomunikasi, sampai kepada yang paling aktif, untuk menghasilkan suatu produk. Salah satu upaya dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan TIK dalam pembelajaran adalah penerapan pembelajaran berbasis Internet atau yang lebih dikenal dengan e-learning atau virtual learning (Siti Julaeha, 2011:3).

Baca juga:   Belajar Menulis Berita dengan Pesan Berantai

Pembelajaran IPA tingkat SD, terbaik adalah pembelajaran yang konkret, sehingga akan lama diingat atau direkam dalam memori otak pengetahuan mereka. Pembelajaran konkret yang menghadirkan objek yang bisa diamati secara langsung yang melibatkan siswa untuk langsung melakukan praktik. Tentu lebih baik dan berkesan bagi siswa dari pada sekedar membaca dan mendengarkan penjelasan guru.

Di masa pandemi Covid-19 ini, model pembelajaran virtual learning sangatlah cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran eksperimen. Untuk itulah, penulis mengajak siswa kelas 3 SDN 2 Pegulon untuk melakukan percobaan sains sederhana sesuai dengan tema yang kami pelajari, yaitu tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 2 (Perubahan Energi) dengan model virtual learning.

Penulis sudah menyiapkan sebuah lup/kaca pembesar dan daun plastik hitam. Eksperimen yang hendak diamati adalah membakar benda dengan menggunakan kaca pembesar yang lensa cembungnya memiliki sifat mengumpulkan sinar dan panas matahari menjadi satu titik fokus. Sinar matahari yang terkumpul menjadi satu titik fokus itulah yang akan membakar benda.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam melakukan eksperimen dengan model vertual learning. Pertama, guru membagi beberapa kelompok yang 1 kelompoknya terdiri atas 4 anak. Kedua, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai melalui panggilan vedio per kelompok. Lalu guru melakukan eksperimen dengan meletakkan plastik hitam di tempat terbuka yang terkena cahaya matahari langsung. Meletakkan plastik hitam di bawah lensa cembung yang terkena cahaya matahari. Dibuat sedemikian rupa agar titik api lensa jatuh tepat di plastik hitam. Mengamati yang terjadi pada plastik hitam. Hasil plastik hitam pun terbakar. Hal ini disebabkan warna hitam bersifat menyerap sinar, sehingga lebih mudah menyerap radiasi matahari. Titik fokus akan mengumpulkan panas sehingga cepat menghasilkan api.

Baca juga:   Gunakan Voice Note untuk Pelafalan Doa-Doa Sujud Sunnah

Di akhir kegiatan, penulis bertanya kepada beberapa siswa tentang bagaimana perasaannya setelah melakukan eksperimen tersebut. Kebanyakan menjawab senang sekali. (gb1/ida)

Guru SDN2 Pegulon, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal

Populer

Lainnya