Layanan Informasi Studi Lanjut melalui Teams

Oleh : Nor Khosim, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kondisi pandemi Covid-19 ini mengakibatkan perubahan yang luar biasa, termasuk bidang pendidikan. Seolah seluruh jenjang pendidikan ‘dipaksa’ bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba drastis untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online).

Ini tentu bukanlah hal yang mudah, karena belum sepenuhnya siap. Problematika dunia pendidikan yaitu belum seragamnya proses pembelajaran, baik standar maupun kualitas capaian pembelajaran yang diinginkan. Kebijakan pembelajaran jarak jauh sebagai upaya mengatasi pencegahan Covid-19 mengharuskan guru bimbingan konseling harus berinovasi dan belajar hal-hal baru, berusaha mampu mengaplikasikan pembelajaran daring.

Bimbingan merupakan bantuan kepada individu yang diberikan oleh seseorang yang telah terlatih untuk dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan maupun kondisi yang sedang dialami. Dengan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki secara berkesinambungan serta sistematis agar terhujudnya kesejahteraan baik untuk dirinya sendiri atau orang lain. Maka, guru BK mempunyai peran yang penting sebagai fungsi pemahaman, fungsi pengembangan serta fungsi penyaluran. Karena guru BK merupakan tenaga profesional yang terlatih menguasai bidang bimbingan karir ini. Guru BK memiliki kemampuan dalam membimbingan di bidang bimbingan akademik, bidang bimbingan pribadi, bidang bimbingan sosial serta bidang bimbingan karir.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Bahaya Narkoba dengan Metode Examples Non-Examples

Salah satu layanan yang dapat diberikan oleh guru BK di era pandemi adalah layanan informasi. Layanan informasi merupakan bantuan terhadap siswa dalam pemahaman mengenai bakat-minat, arah karir, serta pemilihan program studi atau jurusan yang diambil perlu pula didukung oleh kesiapan siswa dalam memahami lingkungan baru pada masa studi lanjutnya.

Salah satu upaya mematangkan kesiapan studi lanjut siswa (dalam hal ini siswa SMA yang akan melanjutkan studi ke pendidikan tinggi) adalah dengan menyediakan informasi secara detail dan mendalam tentang wawasan dunia perguruan tinggi.

Layanan yang dapat diberikan pada siswa terkait informasi studi lanjut dapat dikemas dalam bentuk media informasi seperti film maupun konten youtube dan diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Teams yang digunakan di SMA N 1 Karanganyar Demak. Wawasan mengenai dunia perguruan tinggi merangkum informasi-informasi sebagai berikut; bentuk-bentuk perguruan tinggi di Indonesia, status perguruan tinggi di Indonesia. Berbagai istilah yang sering dijumpai di dunia perguruan tinggi, berbagai jenjang yang ada di tingkat pendidikan tinggi, dan strategi menjadi mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan nonakademik.

Baca juga:   Peran Guru BK dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Materi materi tersebut merupakan wawasan dasar yang perlu dipahami oleh calon mahasiswa agar memiliki kesiapan yang matang saat menjalani studi di perguruan tinggi. Model layanan informasi berbasis Microsoft Teams mengenai wawasan dunia perguruan tinggi dilengkapi kuis di dalam aplikasinya untuk mengukur peningkatan wawasan siswa setiap kali program dioperasikan.

Model layanan informasi berbasis Microsoft Teams dapat mengatasi permasalahan terbatasnya waktu konselor sekolah dalam memberikan layanan informasi pada siswa. Karena multimedia interaktif memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses informasi yang disajikan secara mandiri. Kemenarikan tampilan materi yang disajikan menjadi faktor yang penting bagi siswa pada usia remaja. Karena tampilan materi yang menarik akan meningkatkan minat siswa dalam menyimak dan menggali informasi. (kb4/lis)

Guru BK SMA Negeri 1 Karanganyar, Demak

Populer

Lainnya