Belajar Statistika dengan Worksheet Zaman Now

Oleh : Ajeng Mukti Andhini, S.Si, M.Si

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam pembelajaran secara tatap muka, statistika tergolong materi yang tidak sulit bagi siswa. Namun, mengajar materi tersebut secara daring di era pandemi tentunya memberikan tantangan tersendiri.

Pembelajaran secara daring hendaknya mampu mendorong siswa menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat (Suharwoto, 2020).

Untuk mewujudkannya, seorang guru berupaya memberikan pembelajaran yang menarik meskipun tidak bertemu peserta didik secara langsung. Mood belajar siswa di kelas virtual juga perlu dijaga. Strategi perlu disiapkan agar murid dapat terlibat secara aktif, bukan hanya mendapat ceramah materi secara lisan dalam webinar maupun secara tertulis melalui pesan singkat.

Realita yang sering terjadi selama masa daring yaitu pekerjaan siswa sebatas dikerjakan di buku masing-masing, difoto, kemudian dikumpulkan pada kantong tugas melalui platform tertentu. Jika ditinjau dari esensinya, pekerjaan siswa merupakan bahan pokok guru untuk mengetahui seberapa besar pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, pemberian lembar kerja yang menarik diharapkan mampu mendongkrak mood belajar. Liveworksheets.com merupakan salah satu platform yang menyediakan ruang sehingga guru dapat membuat e-worksheet. Tidak perlu didownload dan dapat digunakan secara free menjadi dua keunggulan yang digemari.

Baca juga:   Model Sole untuk Melatih Kemandirian Siswa dalam Belajar Redoks dan Elektrokimia

Pada materi statistika yang identik dengan tabel serta grafik, liveworksheets.com cocok sekali digunakan untuk pembelajaran di SMAN 1 Bergas. Soal dalam bentuk tabel yang berkaitan dengan frekuensi komulatif, batas kelas, serta tepi kelas cocok menggunakan model isian atau model soal benar–salah. Soal terkait pembacaan grafik dapat menggunakan model menjodohkan. Adapun untuk review materi secara keseluruhan yang biasanya mencakup rata-rata, modus, median dapat menggunakan model pilihan ganda atau drop down.

Untuk mengawalinya, guru dapat membuat soal menggunakan Microsoft Word.Tampilan soal pada liveworksheet.com secara umum hampir sama dengan soal yang disiapkan pada Microsoft Word. Dengan demikian, pemilihan warna serta pengaturan jarak perlu diperhatikan pada saat mempersiapkannya agar layout yang disajikan menarik. Sangat mungkin bagi guru untuk memberi soal dengan berbagai variasi.
Setelah soal pada Microsoft Word selesai, simpanlah dalam bentuk pdf, kemudian upload pada liveworksheets.com. Guru yang pertama kali menggunakan, perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Di dalam liveworksheets.com perlu ditambahkan kotak-kotak yang nantinya digunakan siswa untuk menuliskan jawaban.

Baca juga:   Stretching dapat Mengembalikan Konsentrasi Kegiatan Daring

Pada soal isian, guru dapat langsung mengisikan jawaban di kotak kunci. Jika soal dalam bentuk pilihan ganda, di dalam kotak jawaban perlu disisipkan perintah “select:yes” untuk jawaban benar dan “select:no” untuk jawaban salah. Pada soal menjodohkan, perlu disisipkan perintah “drop:1” dan “drag:1” pada pasangan jawaban. Pada kotak jawaban model drop down, guru perlu menuliskan “choose:*pilihan1/pilihan2/dst. Simbol * menandakan bahwa pilihan 1 merupakan jawaban yang tepat. Bagian ini tentunya hanya diketahui oleh pembuat saja. Adapun siswa, tetap berkesempatan menggunakan kemampuannya sendiri untuk mengerjakan soal.

Jika soal telah selesai dikerjakan, siswa dapat menekan tombol“Check my answer” untuk sekadar tahu jawaban atau”Email my answer to my teacher” agar guru juga mengetahui skor yang diperoleh.
Dengan memanfaatkan teknologi ini, guru dapat merancang sendiri lembar kerja yang menarik bagi siswanya. Simpel, hemat kuota, serta mudah digunakan menjadikan liveworksheets.com cocok digunakan dalam pembelajaran statistika di era zaman now. (pm1/lis)

Guru Matematika SMA Negeri 1 Bergas

Populer

Lainnya