Tingkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring melalui Game Edukasi Quizizz

Oleh: Nurwakhyuningsih, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan kegiatan utama dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan perubahan tingkah laku. Perubahan itu meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. Kegiatan pembelajaran memerlukan keaktifan belajar, partisipasi dan komunikasi interaktif antara guru dan siswa. Aktifitas belajar dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan pembelajaran yang ditentukan.

Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran adalah ketepatan penerapan model dan media pembelajaran. Seorang guru diharuskan memahami metode pembelajaran terutama yang berkaitan dengan model-model pembelajaran.

Model pembelajaran merancang pembelajaran dan merencanakan aktifitas belajar mengajar (Arsyad, 2014). Sedangkan manfaat media pembelajaran adalah memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperjelas dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Media pembelajaran juga dapat mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar yang berdampak pada keaktifan dan hasil belajar.

Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih asyik menggunakan laptop dan smartphone untuk bermain game daripada bermain langsung dengan teman-temannya. Hal tersebut dapat dialihkan menjadi kegiatan yang bermanfaat jika sebuah game diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Di masa pandemi Covid-19 mewajibkan siswa belajar di rumah dalam waktu yang relatif lama. Belajar siswa di rumah diawasi orang tua dan dipandu oleh guru secara daring.

Baca juga:   Whatsapp sebagai Sarana Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi Covid-19

Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk tetap dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan aktif. Walaupun pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh atau daring, guru harus mampu meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan siswa dapat tercipta melalui penerapan media pembelajaran yang menarik. Seiring dengan berkembangnya teknologi, mempermudah kita untuk melakukan segala hal. Demikian halnya dalam bidang pendidikan, teknologi mempermudah guru maupun siswa dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan penilaian. Banyak situs yang menyediakan aplikasi untuk pembelajaran yang berupa kuis online, salah satu permainan yang dapat dijadikan sebagai media belajar adalah quiziz karena sifatnya belajar sambil bermain membuat suasana belajar menjadi asyik, menarik, dan menyenangkan.

Game edukasi adalah permainan yang dibuat atau dirancang untuk meningkatkan daya pikir, konsentrasi dan memecahkan masalah. Game edukasi (quiz) merupakan satu dari banyak jenis game multimedia yang digunakan untuk proses pengajaran dan menambah pengetahuan dari penggunanya melalui media yang unik dan menarik. Maka untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD Negeri 02 Taman dalam pembelajaran daring memalui game edukasi quiziz pada muatan pelajaran IPS materi Peristiwa Penting Seputar Proklamasi Kemerdekaan RI.

Baca juga:   Meningkatkan Kompetensi Sistem AC dengan Strategi Konsep Siklus Air Hujan

Dari hasil pengamatan penggunaan media game edukasi quiziz dapat meningkatkan keaktifan siswa. Karena dalam pelaksanaannya seolah-olah membawa aktifitas multi permainan dan membuat pembelajaran lebih interaktif yang menyenangkan sehingga setiap siswa dapat menguasai permainan yang bersifat memberi banyak pengetahuan dan berdampak pada hasil belajar melalui pembelajaran daring. (pg2/lis)

Guru SDN 02 Taman

Populer

Lainnya