Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris melalui Audio Lingual Method

Oleh : Muhammad Irham S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BAHASA merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat fungsional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Metode pembelajaran bahasa Inggris memainkan peranan penting di dalam kegiatan belajar bahasa Inggris. Ada banyak siswa yang mampu mencapai prestasi baik karena diajarkan menggunakan metode pembelajaran bahasa Inggris yang tepat.

Berdasarkan ketetapan pemerintah tentang kebijakan rangkaian pembelajaran dalam keadaan darurat penyebaran Covid-19, dimana kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan menjadi sekolah online atau daring di rumah masing-masing. Belajar dari rumah tidak menjadikan suatu permasalahan karena kegiatan belajar bisa dilaksanakan tanpa terikat ruang dan waktu. Terlebih dengan situasi saat ini yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi yang telah berkembang dengan pesat serta ditunjang menggunakan fasilitas internet sehingga belajar bisa dilakukan dengan sistem daring.

Penulis sebagai guru bahasa Inggris mengupayakan penerapan metode pembelajaran yang tepat dalam kondisi belajar apapun agar anak didiknya mampu menerima materi pelajaran yang disampaikan. Ini untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Salah satu metode yang dapat digunakan yakni Audio Lingual Method dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui video belajar yang disampaikan menggunakan Whatsapp Group (WAG).

Baca juga:   Tingkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Snakes and Ladders

Bersumber dari situs internet yang penulis dapatkan, dapat dijelaskan bahwa audio lingual method adalah salah satu metode dalam pengajaran bahasa asing yang menekankan pada pemahaman mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing). Metode ini didasarkan pada sebuah teori perilaku (behaviorist theory). Bentuk kegiatan pengajaran dan pembelajaran metode ini pada dasarnya adalah sebuah percakapan dan latihan (drills) dan pola latihan (pattern practice). Beberapa teknik yang bisa diterapkan oleh seorang guru di antaranya adalah menghafal dialog. Dalam teknik ini, siswa menghafal dialog singkat atau percakapan antara dua orang. Terakhir adalah build-up (ekspansi) drill. Drill (latihan) digunakan ketika siswa mengalami kesulitan dalam menghafal dialog panjang. Teknik lainnya adalah single slot substitusi. Di sini, guru membaca satu baris dialog, maka siswa mengatakan beberapa kata atau kelompok kata. Siswa diminta untuk mensimulasikan dengan memasukkan kata atau kelompok kata dengan benar ke dalam dialog sebelumnya. Beberapa slot drill substitusi ini adalah latihan yang sama dengan satu slot substitusi drill, tapi lebih besar. Tidak hanya satu dialog, tetapi dialog penuh. Seperti contoh seorang guru memberikan siswa sebuah kalimat, maka siswa diminta untuk mengubah kalimat menjadi bentuk yang berbeda seperti interogatif, negatif, positif, pasif, keharusan, dan sebagainya.

Baca juga:   Pentingnya Riset dalam Proses Membuat Desain Logo

Metode ini dipercaya ampuh untuk membuat siswa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Karena siswa diajarkan melalui mendengar dialog tanpa arti dan mereka mengetahui maksudnya hanya dari mimik wajah, pose dialog, serta gesture. Setelah mendengar, siswa diajak untuk latihan berbicara dan mengetahui maksud dan arti dari kata tersebut. (*/ida)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Pemalang

Populer

Lainnya