Belajar Asyik dengan Media Voice Notes WhatsApp

Oleh : Kismawanto, ST

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui teknologi informasi dan komunikasi. Serta media lainnya dengan berbagai alat komunikasi untuk belajar dari rumah.

Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara online dapat menggunakan perangkat personal computer (PC) atau laptop dan handphone Android yang mampu terhubung dengan koneksi jaringan internet. Perangkat yang paling sering digunakan selama pembelajaran di masa pandemi ini adalah handphone Android (smartphone).

Pembelajaran jarak jauh juga dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet, Zoom dan Web Google Classroom.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah WhatsApp. Dalam WhatsApp terdapat konten grup chat. Yaitu dalam satu grup terdiri beberapa orang, serta mampu dalam jumlah banyak. WhatsApp grup menjadi konten dalam aplikasi WhatsApp yang saat ini sedang populer. Melalui WhatsApp bisa saling berkirim gambar, voice note hingga video. WhatsApp juga aplikasi dengan jumlah pengguna yang sangat besar (Pertiwi, 2020:75).

Dengan semua pilihan media yang tersedia saat ini, tidak mengejutkan apabila siswa menjadi seorang yang bisa menguasai banyak media karena lebih bisa menghabiskan waktu dengan media sosial, dibandingkan siswa yang lalu (Hoechsmann dan Poyntz, 2012:24).

Seperti dijelaskan Watie (2011:69) muncul dan berkembangnya internet membawa cara komunikasi baru di masyarakat. Media sosial hadir dan mengubah paradigma berkomunikasi di masyarakat saat ini. Komunikasi tak terbatas jarak, waktu, dan ruang. Bisa terjadi di mana saja, tanpa harus tatap muka.

Baca juga:   Gaya Belajar vs Prestasi

Voice notes adalah pesan singkat dalam bentuk suara. Voice notes adalah salah satu fitur yang cukup membantu dalam kondisi tidak bisa mengetik pesan. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama jalankan aplikasi WhatsApp di HP, langkah kedua buka chat kontak atau grup yang ingin dikirimkan voice note. Langkah ketiga tekan ikon mikrofon di samping kolom ketik pesan. Langkah keempat langsung memulai pembicara sesuai dengan keinginan. Setelah itu lepaskan untuk berhenti dan mengirimkan voice notes tersebut. Selain itu pesan yang dikirim juga dapat kita simpan secara otomatis di dalam memori HP kita dalam format OPUS. OPUS merupakan salah satu format audio kualitas rendah dan cukup ringan dalam segi ukuran. WhatsApp menggunakan file OPUS sebagai format audio pada aplikasinya.

PJJ yang dilakukan untuk KD Analisis Data Mapel Informatika untuk kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Mungkid menggunakan metode atau cara guru dan siswa tergabung dalam satu grup tertentu. Pembelajaran ini bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan dari guru dan siswanya. Awalnya guru memberikan materi kepada para siswanya yang ada di grup tersebut, kemudian guru memberikan instruksi untuk mengerjakan soal atau berpendapat mengenai materi tersebut.

Baca juga:   Tingkatkan Kesadaran Mitigasi Bencana dengan Outclass Learning

Selain menggunakan grup WhatsApp guru juga dapat memberikan tugas melalui Google Classroom yang telah dibuat sebelumnya. Tugas yang disampaikan kepada siswa dimasukkan dalam Classroom. Kemudian siswa diminta mengirimkan hasil dari tugas materi tersebut dengan menggunakan fitur dari aplikasi voice notes WhatsApp.

Ketika siswa menjawab atau mengirimkan tugas dan mengemukakan gagasan atau pendapatnya, harus disertai dengan nama dan nomor absen, supaya guru bisa memberikan penilaian kepada seluruh siswa yang berpartisipasi di dalam grup secara langsung.

Guru dituntut kreatif dalam mengembangkan materi yang akan diajarkan melalui PJJ menggunakan voice notes WhatsApp. Penilaian dari guru berupa kesesuaian dari jawaban siswa dalam mengutarakan pendapatnya tersebut secara lisan menggunakan fitur voice notes (perekam suara).

Pembelajaran asyik voice notes WhatsApp yang dilakukan dalam pembelajaran kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Mungkid, peserta didik semakin aktif meskipun dilakukan secara daring. Ini terbukti dari semua siswa menjadi aktif dalam mengerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh perserta didik. (pm1/lis)

Guru TIK SMAN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Populer

Lainnya