Asyiknya Belajar Asmaul Husna dengan Metode Bernyanyi

Oleh: Dewi Noviyanti, M.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MENUMBUHKAN sikap aktif dalam belajar pada diri siswa tidaklah mudah, guru harus kreatif dalam menciptakan berbagai jenis metode pembelajaran, dengan metode pembelajaran ini diharapkan guru selalu dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswanya dalam proses belajar mengajar. Selain itu guru harus menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan serta membuat siswa lebih berminat dan termotivasi sehingga aktifitas belajar siswa meningkat.

Allah SWT adalah dzat yang maha perkasa, keperkasaan Allah tiada bandingannya,tidak terbatas dan bersifat kekal. Allah swt menciptakan alam semesta ini untuk kepentingan umat manusia, dlam menciptakanalam Allah tidak pernah meminta bantuan terhadap makhluk lain, oleh karena itu kita sebagai hamba Allah hendaklah selalu memuliakan-Nya, dengan cara selalu mentaati segala apa yang diperintakhan-Nya dan menjauhi segala sesuatu yang di larang. Kemampuan Allah dalam menciptakan alam beserta isinya merupakan wujud dari Asmaul husna Allah memiliki 99 Asmaul Husna. Nama-nama tersebut terdapat dalam Alquran bahwa adanya asmaul Husna sebagai bukti bahwa Allah maha perkasa dan bijaksana, maka kita harus mengamalkan Asmaul Husna kedalam kehidupan sehari-hari. Salah satu perkara yang wajib diimani oleh setiap hamba adalah percaya bahwa Allah memiliki nama-nama yang baik.

Baca juga:   Timbulkan Rasa Senang Belajar Tematik melalui Pendekatan Scientific DL

Asmaul Husna adalah 99 nama sebutan, sifat, gelar Allah SWT yang agung dan baik. Dari seluruh nama Allah yang agung dan mulia tersebut merupakan petunjuk bagi umat islam untuk mengenal Allah lebih dekat. Selain itu Asmaul Husna juga merupakan nama-nama Allah yang agung dan mulia yang menyatu dalam kebesaran dan kemahadahsyatan nama-nama tersebut. Mengenai kebesaran dan kebaikan yang terkandung dalam Asmaul Husna itu termaktub dalam Alquran surat Taha, 20:8, “Dialah Allah,tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Dia mempunyai Asmaul Husna (nama-nama Allah yang baik”.

Pembelajaran Asmaul Husna tidak hanya menjadi sarana untuk mengenal dan memahami sifat-sifat Allah yang maha mulia, melainkan juga mengandung banyak manfaat bagi umat islam. Dalam pembelajaran Terkadang Siswa kesulitan untuk menghafal materi asmaul husna, itu bisa disebabkan beberapa faktor, mulai dari guru, siswa ataupun materinya. Belajar menggunakan metode bernyanyi akan lebih menyenangkan, kegiatan bernyanyi sangat disukai banyak orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Di sini siswa harus aktif dan guru harus kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran yang menarik membuat siswa senang dalam belajar yang akan berdampak pada hasil belajar. seperti yang diterpkan di SDN 01 Donowangun yaitu menghafal asmaul Husna dengan bernyanyi nada bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Menyimak dengan Daring

Tujuan menggunakan metode bernyanyi agar siswa tidak bosan dalam pelajaran yang diberikan guru dan mudah mengingat materi yang sudah diajarkan guru disekolah, ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan prestasi siswa agar pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih efektif, dengan bernyanyi kegiatan belajar dan menghafal akan lebih mudah. (ce4/zal)

Guru SDN 01 Donowangun, Kabupaten Pekalongan

Populer

Lainnya