Olahraga Sederhana di Rumah Selama Masa Pandemi

Oleh : Sukamtiyana, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sudah hampir setahun lamanya pandemi virus Covid-19 melanda hampir ke seluruh belahan bumi ini. Banyak sekali hal yang terdampak virus ini termasuk juga dunia pendidikan. Anak-anak usia sekolah terpaksa belajar di rumah selama pandemi untuk menghindari terjadinya penularan, karena anak-anak sangat rentan.

Pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara untuk menanggulangi penyebaran virus ini. Slogan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) selalu digencarkan melalui berbagai media untuk mengedukasi masyarakat luas.

Lewat kampanye #GenerasiSehat & Aktif, setiap anak dapat mengikuti kegiatan ini agar anak Indonesia lebih sehat dan aktif. Melalui kegiatan ini seluruh anak Indonesia terutama anak sekolah dapat berpartisipasi melalui berbagai program olahraga.

Olahraga tidak hanya memberikan manfaat jasmani, namun juga mengajarkan nilai-nilai dalam kehidupan (Mirna Tri Handayani, Business Excutive Officer Beverages MILO). Gerakan dalam olahraga dalam masa pandemik ini bertujuan untuk menginspirasi anak-anak agar terus menerapkan gaya hidup sehat dan aktif selama di rumah.

Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan ketika berada di rumah di antaranya naik turun tangga yang merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan dengan menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Hula hoop yang identik dengan permainan anak-anak ini juga dapat menjadi alternatif olahraga sederhana di rumah.

Baca juga:   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan RME

Skipping atau lompat tali juga merupakan solusi bagi anak yang ingin berolahraga mudah dan simple yang dapat dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat berkeringat dan meregangkan otot. Bagi yang gemar menari juga menjadi solusi apabila bosan dengan gerakan-gerakan olahraga karena dengan menari akan membangkitkan semangat apalagi diiringi dengan musik.

Dan kegiatan sederhana lainnya yaitu bersih-bersih rumah dimana banyak sekali waktu luang yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah, disamping sehat dengan rumah yang bersih juga akan menjadikan lingkungan rumah sehat.

Berbagai manfaat olahraga bagi anak di masa pandemi diantaranya yaitu anak menjadi lebih sehat. Dengan berolahraga anak menjadi lebih sehat sehingga imun tubuh anak kuat dan mengurangi risiko tertular virus. Selain itu dengan berolahraga juga akan membantu anak dalam membentuk karaktenya. Anak dapat belajar untuk disiplin berolahraga, pantang menyerah mengahadapi kondisi, percaya diri melakukan kegiatan yang disenangi. Anak akan terlihat lebih ceria dan bersemangaat saat berolahraga. Olahraga akan melatih anak berkonsentrasi sehingga anak akan fokus terhadap apa yang dilakukan dan menimbulkan rasa semangat yang tinggi untuk tetap sehat.

Baca juga:   Metodologi Pembelajaran Agama Islam di Masa Pandemi

Tubuh sehat adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menhadapi pandemi virus ini. Disamping berolahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi serta mengonsumsi vitamin agar imun dan daya tahan tubuh tetap terjaga untuk memerangi virus.

Tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Anak Sehat Indonesia sehat #GenerasiSehat&Aktif. (pm1/lis)

Guru PJOK SDN Ketep 1, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang

Populer

Lainnya