Tingkatkan Keterampilan Reading dengan Voice Note

Oleh : M. Istingal, M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Keterampilan reading sebagian besar siswa SMK Negeri 1 Ngablak Kabupaten Magelang, sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu metode yang digunakan penulis dalam mengajarkan reading di sekolah adalah dengan aplikasi Voice Note (VC). Penggunaan aplikasi tersebut terutama dipilih pada saat sekolah menerapkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Aplikasi ini sangat sesuai dipakai untuk meningkatkan keterampilan reading siswa ketika belajar dalam jaringan melalui grup WhatsApp masing masing kelas. Pada umumnya siswa sudah familiar dengan apa dan bagaimana cara pemakaian aplikasi tersebut.

Meskipun sejak tahun 2013 ketika aplikasi VC mulai diluncurkan, tampaknya WhatsApp tidak begitu peduli untuk mengurusinya. Bahkan ketika WhatsApp telah diakuisisi oleh Facebook. Namun demikian sejak 2017 WhatsApp mulai memperhatikan aplikasi VC, bahkan telah berupaya untuk memperbaharuinya. Dengan adanya perbaikan terebut penggunaan VC lebih mudah. Ketika pengguna mulai merekam, aplikasi akan menampilkan semacam sliding di bagian bawah tombol mikrofon.

Setelah itu akan muncul opsi swipe yang berguna untuk mengunci mode merekam setelah tombal ditekan. Dengan demikian pengguna akan bebas merekam suara tanpa menekan jari terus menerus pada layar (Detikinet, 17/11/2020. 10.49).

Baca juga:   Media Wordwall untuk Meningkatkan Vocabulary Siswa

Adapun langkah-langkah penerapannya seperti terurai berikut ini. Melalui WhatsApp grup kelas penulis mengirimkan video yang berisi tentang materi reading, misalnya video dari YouTube dengan judul How to Read News Text. Dalam video tersebut dipaparkan berbagai hal tentang bagaimana cara membaca teks berita. Mulai dari bagian kalimat pembuka berita dan kaimat-kalimat penutupnya. Diberikan juga contoh pembacaan berita oleh penyiar berita. Dimunculkan pula teks berita yang sedang dibacakan oleh penyiar, sehingga siswa dapat menyalinnya dalam buku catatan mereka. Siswa ditugaskan untuk menonton video tersebut beberapa kali dengan seksama.

Setelah itu siswa diminta untuk menirukan cara membaca teks yang benar seperti yang dilakukan oleh pembaca dalam video dengan membaca catatannya. Dengan cara seperti ini siswa akan belajar bagaimana membaca angka-angka tahun, jumlah, jam dan yang lainnya juga. Langkah berikutnya ketika siswa sudah merasa bisa membaca dengan benar dan lancar tibalah saatnya untuk merekam bacaan teks dengan menggunakan aplikasi VC.

Proses perekaman bisa diperbaiki beberapa kali sampai menghasilkan rekaman yang terbaik. Siswa akan merasa senang mendengarkan suaranya sendiri ketika ternyata dia dapat membaca teks berita dalam hand phonenya. Hasil dari tugas yang berupa VC tersebut bisa dikirim ke grup WA atau langsung ke guru pengampunya. Penulis biasanya akan segera membuka VC dari siswa untuk didengarkan satu per satu suara siswanya. Dari sini penulis dapat memberikan penilaian tentang kemampuan reading masing-masing siswa. Dengan cara menonton, mencatat, menirukan dan merekam suaranya sendiri tesebut diharapkan siswa akan dapat secara bertahap meningkatkan keterampilan reading-nya. (pm1/lis)

Baca juga:   Role Play Pacu Motivasi dan Keterampilan Speaking Siswa

Guru Bahasa Inggris SMKN 1 Ngablak, Kabupaten Magelang

Populer

Lainnya