Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam saat Pandemi

Oleh : Edi Supardi, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi Covid- 19 kegiatan pembelajaran di SDN 02 Doro dilakukan secara daring. Pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dimanapun berada. Kurikulum pendidikan juga harus mengalami perubahan dari kurikulum normal menjadi kurikulum pandemi.

Sebelum melakukan pembelajaran pihak sekolah harus meminta nomer HP dari orang tua siswa. Hal ini bukanlah hal yang mudah bagi pihak sekolah untuk mendapatkan nomer HP yang aktif dari orang tua siswa. Setelah mendapatkan nomer HP dari peserta didik guru membuat group WA per kelas untuk membuat rencana pembelajaran.

Menurut Cattel “Leadership represent dinamic interaction between the goals of the leader and the goals and the needs of the followers. It serves the function of facilitating selection and achievement of gro up goals”. Guru sebagai seorang pemimpin dalam proses belajar untuk memberikan dorongan atau motivasi kepada peserta didik.

Kegiatan pembelajaran PABP di SDN 02 Doro kelas IV materi “ Mari Belajar Surat Al-Fill “ di awali dengan guru mengucapkan salam kepada siswa, dilanjutkan guru memberikan motivasi terhadap siswa/ anak didik , sehingga sebelum pembelajaran di mulai siswa sudah siap untuk mengikuti pembelajaran ini. Setelah memberikan motivasi kepada siswa menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada akhir pembelajaran. Dilanjutkan guru memberikan materi pembelajaran tentang surat Al-Fill yang telah dipersiapkan sebelumnya. Guru mengirimkan materi ini ke group WA berupa vidio pembelajaran, siswa menyimak vidio pembelajaran yang telah dikirim guru dilanjutkan guru menjelaskan materi tentang, apa arti surat Al-Fill, turun dimana surat Surat Al-Fill, berapa jumlah surat Al-Fill, dan apa yang terkandung dalam surat Al-Fill.

Baca juga:   Menulis Puisi lebih Mudah dengan Media Gambar

Setelah guru menjelaskan materi tentang surat Al-Fill selanjutnya guru memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab siswa . Kemudian guru membuat intrumen yang berupa kuesionar yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan google form. Kuesioner ini diberikan kepada siswa yang berisi kegiatan dan tugas yang diberikan oleh guru. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Guru harus memberikan reward kepada siswa yang telah menguasai materi pembelajaran dengan memberikatan kata-kata positif seperti ‘ pinter’, ‘bagus’, dan tidak memberikan punisment terhadap siswa yang belum mencapai ketuntasaan minimal dalam pembelajaran.

Seluruh siswa harus mengisi intrumen di google form yang telah diberikan oleh guru dan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat vidio dokumentasi mengahafal surat Al-Fill dirumah dengan bimbingan orang tua. Dengan bimbingan orang tua siswa mengirimkan vidio dokumentasi ke group WA kelas. Guru memberikan apresiasi atas kerja sama antara guru, siswa dan orang tua dalam PJJ ini.

Pembelajaran di masa pandemi ini dapat mencapai hasil yang diharapkan oleh pihak sekolah maupun pihak orang tua. Kerja sama yang nyata antara pihak sekolah, guru, orang tua, dan komite sekolah, serta arahan dari pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan/pengawas membuat pembelajaran pada masa ini dapat terselenggara dengan optimal.

Baca juga:   Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan dengan Pendekatan Joyful Learning

Perlu pengawasan dari orang tua siswa agar tidak muncul dampak yang negatif dari penggunan Hp ini. Pembelajaran pada masa pandemi di SDN 02 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalonagan dapat berjalan dengan optimal karena semua peserta didik memiliki HP yang dapat digunakan untuk mengikuti PJJ dan akses internet yang stabil. (ce4/ton)

Guru SDN 02 Doro, Kab Pekalongan

Populer

Lainnya