Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi

Oleh: Walujo, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi Covid-19, pembelajaran menjadi tantangan bagi pendidik, orang tua dan peserta didik. Guru diharuskan kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai sehingga menarik perhatian peserta didik. Dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik serta maksimal.

Salah satu karakter guru yang berkompetensi adalah kreatif dan inovatif. Dapat menghasilkan sesuatu yang baru yang membangkitkan dan menanamkan kepercayaan pada diri peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar.

Agar peserta didik tidak stres dan bosan dalam belajar, guru diharapkan memberikan tugas belajar di rumah dalam performance yang asyik. Bentuk proyek yang menyenangkan atau memanfaatkan aplikasi pembelajaran secara daring. Memvideo kegiatan peserta didik, merekam kegiatan saat percobaan dan saat performance diisi konten-konten pembelajaran yang inovatif, kreatif, bervariatif, dan menarik.
Weinstein & Meyer (1998) mengemukakan dalam pembelajaran harus memperhatikan empat hal. Yaitu bagaimana siswa belajar, mengingat, berpikir, dan memotivasi diri. Dalam belajar apapun, belajar efektif (sesuai tujuan) semestinya bermakna. Agar bermakna, belajar tidak cukup hanya mendengar dan melihat tetapi harus melakukan aktivitas (membaca, bertanya, menjawab, berkomentar, mengerjakan, mengomunikasikan, presentasi, diskusi).

Selain membaca, memahami, mengerjakan soal, ataupun evaluasi melalui daring, juga kegiatan sekolah bertumpu pada handphone. Akan lebih kreatif lagi apabila peserta didik diajak untuk perform dengan cara presentasi dan bergaya seperti guru dalam menjelaskan materi yang baru saja ditayangkan.

Baca juga:   Metode Tutor Sebaya Mudahkan Mencari Volume Bangun Ruang

Biarlah peserta didik presentasi menurut ide dan gagasannya dan bebas bergaya sesuai kemampuan. Setiap pembelajaran materi apapun dapat dibuat menjadi pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan. Begitu juga dalam percobaan-percobaan pembelajaran IPA yang menuntut berpikir ilmiah dan melakukan praktik. Walaupun pembelajaran dilakukan melalui daring, peserta didik dapat melakukan percobaan di rumah baik individu atau pun kelompok yang dibatasi jumlah anggotanya.

Seperti halnya metode yang lain, presentasi, membuat tabel, peta konsep, melakukan percobaan, performance, dan membuat keterampilan yang bermakna adalah bentuk kegiatan kreatif dan inovatif di tengah pandemi Covid 19. Pembelajaran tetap berjalan meski jarak jauh.

Upaya yang dilakukan pendidik dalam masa pandemi agar pembelajaran kreatif dan inovatif adalah pertama membuat video pembelajaran yang menarik. Kedua menggunakan teknologi sebagai sarana belajar dari rumah. Ketiga memanfaatkan media yang cocok dalam pembelajaran. Keempat, memberikan tugas yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Kelima memberikan kebebasan peserta didik untuk performance dan presentasi. Keenam memberikan kesempatan peserta didik menemukan sendiri kata kunci atau sesuatu yang baru. Ketujuh membangun kolaborasi dengan orang tua peserta didik.
Pembelajaran yang kreatif dan inovatif bertujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan peserta didik dengan sendirinya akan menjadi aktif.

Baca juga:   Media Cergam Aktifkan Siswa Kelas Rendah dalam Membaca

Peserta didik juga merasakan nyaman dan semangat dalam belajar walaupun tanpa guru dan teman-temannya. Siswa yang memiliki kemampuan lambat, sedang, juga cepat tetap nyaman belajar dan berusaha untuk mampu bersaing sehat dengan peserta didik yang lain dalam segala bentuk kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Peserta didik tidak merasakan beban karena yang penting semua kegiatan dilaksanakan dengan benar, sesuai jadwal dan menurut petunjuk guru. Keunggulan dan hasil kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif yakni pembelajaran walaupun melalui daring lebih bermakna dan menyenangkan. Konsep lebih cepat dipahami oleh peserta didik, hasil belajar peserta didik semakin optimal. Motivasi belajar peserta didik selama Covid-19 akan lebih meningkat. (pm1/lis)

Guru SDN Tuksongo 1, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang

Populer

Lainnya