Simpelnya Alat Bantu Pendukung Pembelajaran PAI dengan Gambar

Oleh : Nisrokha, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Media pembelajaran merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran dan sama pentingnya dengan pembelajaran itu sendiri. Dalam perkembangannya, dunia pendidikan termasuk yang paling diuntungkan dari kemajuan TI (teknologi informasi) karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaat dari penggunaan media pembelajaran adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Permasalahan peserta didik kelas V (lima) SDN Pagumenganmas banyak siswa yang sering tidak mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Ada beberapa siswa yang sangat lambat dalam belajar. Sehingga hasil belajar yang dicapai menurun, rata-rata 50% nilai di bawah KKM, pada materi Indahnya Nama-nama Allah SWT. Guru dalam menyampaikan pembelajaran masih konvensional, menjadikan siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran.

Akhirnya penulis dalam mengajar menambahkan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta kemauan peserta didik sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.

Dalam proses pembelajaran, media cetak merupakan media yang paling banyak dan paling sering digunakan. Gambar atau foto merupakan salah satu media cetak paling umum digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena gambar atau foto memiliki beberapa kelebihan, yakni sifatnya konkret, lebih realistis dibandingkan dengan media verbal; dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja. Murah harganya dan tidak memerlukan peralatan khusus dalam menyampaikannya.

Baca juga:   Hasil Belajar Matematika Meningkat dengan Pembelajaran Kontekstual

Namun demikian, di samping kelebihan, gambar dan foto memiliki kelemahan. Di antaranya yakni hanya menekankan persepsi indera mata dan ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian informasi (pesan dan isi pelajaran) pada saat itu. Kehadiran media dalam pembelajaran juga dikatakan dapat membantu peningkatan pemahaman peserta didik, penyajian data/informasi lebih menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi. Jadi dalam hal ini dikatakan bahwa fungsi media adalah sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar.

Cara mengaplikasikan media PAI yaitu: sebelum pendidik mengajarkan pokok bahasan pembelajaran terlebih dahulu harus menyiapkan dan memperhitungkan alat bantu/media apa saja yang dapat dipakai dari berbagai kegiatan pembelajaran yang mungkin dilakukannya sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Dalam menerapkan media pembelajaran pendidikan agama Islam harus dilakukan cara yang tepat dan praktis yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga dalam proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Selain hal tersebut pemilihan metode mengajar yang sesuai dengan media pembelajaran juga sangat penting karena akan berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Baca juga:   Modifikasi PJOK dalam Meningkatkan Imun Tubuh Siswa di Masa Pandemi

Pembelajaran dengan disisipi media akan lebih menarik perhatian peserta didik. Sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, metode mengajar akan lebih bervariasi, dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan dan lain-lain. Hasilnya nilai ulangan rata-rata nilai tuntas diatas KKM. (ce3/ton)

Guru PABP SDN Pagumenganmas Kec. Karangdadap Kab Pekalongan

Populer

Lainnya