Pengajaran Puisi dengan Metode Discovery di Masa Pandemi

Oleh : Amat Turip, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam masa pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh belahan bumi termasuk di negara kita, menjadikan pemerintah mengambil kebijakan. Melalui SE Nomor 4 Tahun 2020 di antaranya menjelaskan tentang ketentuan pelaksanaan proses belajar dari rumah.
Disebutkan, belajar dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran dalam jaringan yang terhubung melalui jejaring komputer, internet dan sebagainya. Di sinilah peran orang tua sangat diperlukan dalam pendampingan terhadap anak yang diharuskan mulai mengenal atau memasuki era digital.

Berbagai strategi dan model pembelajaran telah diterapkan oleh guru selama belajar dari rumah (BDR). Termasuk di SD Negeri 03 Talun Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Pada kelas III materi cipta baca puisi yang diajarkan, guru memilih menggunakan metode discovery. Discovery merupakan metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri.

Baca juga:   Menguasai Materi Bangun Datar melalui Model Team Assisted Individual

Metode ini dirasa cocok dalam membuat satu karya sastra berupa puisi. Puisi merupakan sebuah karya sastra hasil dari ungkapan dan perasaan seseoang dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyususnan lirik dan bait. Isi-isi dalam puisi penuh makna dengan bahasa yang dipakai cukup indah. Banyak orang yang tertarik dengan puisi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi adalah ragam sastra yang bahasa terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat. Sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapn khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus.

Melalui WhatsApp grup wali murid guru memberikan soal tentang materi cipta baca puisi dengan beberapa tema sebagai pilihan. Dengan bimbingan orang tua, siswa mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara baik.

Melalui cipta baca puisi diharapkan siswa tidak merasa jenuh ketika belajar dari rumah (BDR), selama pandemi. Semoga wabah ini segera berakhir dan sekolah kembali dibuka dalam pembelajaran tatap muka. (gb1/lis)

Baca juga:   Aktifkan Siswa dengan Membangun Teamwork pada Pembelajaran IPS

Guru Kelas SDN 03 Talun, Kec. Kabupaten Pekalongan

Populer

Lainnya