Optimalkan Belajar Alat Transportasi dengan Media Gambar

Oleh : Titik Murwati, S.Pd.AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan lembaga pendidikan formal yang pertama setelah pendidikan keluarga. Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan penghubung keluarga dengan masyarakat yang lebih luas. Taman Kanak-kanak tersebut dilengkapi dengan sarana prasarana yang memungkinkan anak untuk mngembangkan diri sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pembelajaran harus dimulai sejak dini. Karena dari sinilah akan terbentuk generasi-generasi penerus bangsa yang berpotensi.

Kegiatan pengembangan pada TK Pertiwi Jraganan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang masih belum berjalan secara maksimal. Hal ini dikarenakan masih rendahnya kemampuan anak untuk mengingat huruf, angka, warna atau jenis jenis alat transportasi. Seringkali kita merasa prihatin bahwa penguasaan pengenalan berbagai jenis alat transportasi siswa lemah. Pengenalan berbagai jenis alat transportasi dianggap sulit. Berdasarkan data awal, rata-rata kemampuan mengingat dan mengenal kembali berbagai jenis alat transportasi anak TK B, hanya mencapai 67,65. Sementara jumlah siswa yang berhasil mempunyai nilai di atas atau sama dengan standar minimal hanya 7 siswa, dengan persentase keberhasilan klasikal mencapai 47,17% dari jumlah siswa seluruhnya.

Baca juga:   Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Procedure Text

Peningkatan mutu pembelajaran kognitif di Taman Kanak-kanak melalui pengembangan berpikir kritis, logis, dan kreatif sangat berkaitan dengan upaya melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran pengenalan berbagai jenis alat transportasi membutuhkan sebuah media untuk menunjang proses pembelajaran. Media gambar adalah suatu media visual yang hanya bisa dilihat saja, akan tetapi tidak mempunyai unsur audio atau suara. Menurut Sadiman Arief S. (2003:21) media gambar adalah sebuah gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berguna untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa.

Langkah pembelajaran alat transpotasi dengan menggunakan gambar adalah sebagai berikut: Pertama, persiapkan media yang akan digunakan untuk pembelajaran. Kedua, kondisikan anak sebelum pembelajaran dimulai. Ketiga, bagi anak menjadi 3 kelompok setiap kelompok terdiri 5 anak. Keempat, guru memberitahukan tema pembelajaran Alat Transpotasi dengan media gambar. Guru memberi contoh pada anak dan guru mengajak anak untuk menirukan. Kelima, tunjukkan kartu gambar alat transpotasi kepada anak yang sesuai dengan tema alat transpotasi, misalnya becak. Tanyakan kepada anak gambar apa yang ditunjukkan tersebut, jika anak-anak sudah menjawab tempelkan kartu kata bergambar tersebut kemudian tunjukkan tulisannya, ajak anak untuk membacanya secara terpisah yaitu be-cak, di ulang-ulang agar anak tepat untuk membunyikannya. Lalu guru meminta anak menyebutkan alat transpotasi yang ada di lingkungannya dan memilih sesuai yang dikatakan, contoh anak menyebut sepeda, anak disuruh mencari gambar sepeda, dan seterusnya. Keenam. guru menunjukkan gambar alat transportasi lalu anak disuruh menyebutkan kembali nama alat transportasi tersebut dan seterusnya.

Baca juga:   Mengenal Binatang Air melalui WhatsApp

Berdasarkan hasil pembelajaran alat transportasi dengan menggunakan media gambar dapat direfleksikan bahwa penerapan media gambar yang dikembangkan sudah berhasil dengan baik, dan berpengaruh positif terhadap kemampuan anak TK B, TK Pertiwi Jraganan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang dalam mengenal berbagai jenis alat transpotasi secara maksimal. Media gambar dapat mempengaruhi peningkatan daya ingat mengenal berbagai jenis alat transportasi anak TK B, TK Pertiwi Payaman Nganjuk hingga mencapai tingkatan kategori B (berhasil). (gb1/ton)

Guru TK Pertiwi Jraganan Kecamatan Bodeh, Pemalang

Populer

Lainnya