NHT Mempermudah Kenali Diri dan Orang Lain

Oleh: Siti Aminah, S.Pd.AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ANAK usia dini merupakan investasi bangsa diharapkan dapat mengembangkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju. Pengembangan anak usia dini dapat di pengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. sebagai aset dan investasi yang dimiliki oleh bangsa, anak usia dini layak mendapatkan pendampingan dan pendidikan yang tepat. Perkembangan anak usia dini terutama dalam pendidikan seringkali masih dipandang rendah oleh sebagian orang tua dan lingkungan masyarakat. Pandangan miring tersebut lambat laun akan menjadi budaya berupa rendahnya perhatian orang tua dan dunia pendidikan serta mengakibatkan rendahnya kualitas output anak.

Oleh karena itu, perlu adanya wadah bagi anak usia untuk mengekspresikan diri dan menimba berbagai ilmu serta pengetahuan dalam hidupnya. Sebagai bagian dari pendidikan, guru sebaiknya mampu membaca peluang dengan menghadirkan pendidikan anak usia dini dengan baik. Tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD bahwa pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enam) perkembangan: agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini. Berbagai aspek dasar dalam permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD menjadi pegangan kuat dan terukur guru pada pelaksanaan pembelajaran.

Baca juga:   Pembelajaran Jigsaw Mudahkan Siswa Pahami Konsep Kimia Karbon

Guru dalam melaksanakan pembelajaran harus membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai termasuk didalamnya adalah penentuan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran diharapkan mampu mempermudah guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang di cita-citakan sesuai pedoman pembelajaran. Saefuddin & Berdiati (2014: 48) menjelaskan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan sistem belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk pendidikan anak usia dini dan melibatkan semua anak didik dalam proses pembelajaran adalah Numbered Heads Together. Menurut Suhermi (2004:43) menyatakan bahwa Numbered Head Together adalah pendekatan yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Kemudian Kagan dalam Foster (2002:11) mengungkapkan bahwa Numbered Head Together merupakan suatu tipe model pembelajaran kooperatif yang merupakan stuktur sederhana dan terdiri atas empat tahap yang digunakan untuk meriview fakta-fakta dan informasi dasar yang berfungsi untuk mengatur interaksi siswa.

Baca juga:   Bermain Matematika yang Menyenangkan Bagi Anak di Rumah

Penulis sebagai guru TK Kemala Bhayangkari 24 Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang menerapkan model ini tentang mengenal emosi diri dan orang lain dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan model pembelajaran NHT dengan sintaks diawali dengan pengarahan. Kemudian guru membuat kelompok heterogen dan tiap peserta didik memiliki nomor tertentu. Guru memberikan materi bahan ajar dengan kriteria untuk tiap kelompok sama tapi dibedakan setiap anggota kelompok sesuai nomor. Tiap peserta didik dengan nomor sama mendapat tugas yang sama, untuk bekerja kelompok, presentasi kelompok dengan nomor peserta didik yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas secara sederhana dan natural. Guru melemparkan kuis individual dan buat skor perkembangan tiap peserta didik. Siswa yang menjawab dengan tepat diberikan reward berupa hadiah kecil. Antusiasme anak didik sangat tinggi dan bersemangat untuk belajar. (gb1/zal)

Guru TK Kemala Bhayangkari 24, Pemalang

Populer

Lainnya