Kiat Menumbuhkan Karakter Spiritual Siswa melalui Absensi Link Spiritual

Oleh : Dian Ianah, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di musin darurat Covid-19, semua sekolah di setiap daerah diwajibkan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Baik menggunakan metode daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan). Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di kalangan siswa maupun guru.

Salah satu fasilitas yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah portal Rumah Belajar. Dalam Rumah Belajar, terdapat banyak sekali fasilitas belajar yang dapat dimanfaatkan, di antaranya adalah Kelas Maya.

Di Kelas Maya, guru dapat memberikan materi, tugas, maupun latihan soal dalam bentuk digital. Selain itu dapat juga disisipkan materi dalam bentuk dokumen seperti file pdf maupun ppt serta dapat diintegrasikan dengan media belajar lain salah satunya adalah Google Forms.

Pembelajaran daring di mana siswa dan guru tidak melakukan kegiatan belajar secara tatap muka langsung tentu memiliki keterbatasan yaitu guru tidak bisa memonitor aktivitas belajar siswa di rumah. Untuk meminimalisasi kelemahan tersebut, dapat menggunakan daftar hadir online atau presensi setiap mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Salah satu fasilitas yang digunakan untuk membuat absensi/presensi online adalah Google Formulir.

Baca juga:   Membangun Entrepreneurship Guru Swasta

Dunia mengakui bahwa pendidikan karakter berperan sangat penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa. Pendidikan karakter merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah dan orang tua. Maka dibutuhkan sebuah sarana teknologi guna melakukan koordinasi antara sekolah dengan orang tua serta mampu mencakup beberapa parameter yang dapat digunakan dalam membentuk karakter anak antara lain : presensi dan absensi siswa, perilaku, prestasi, nilai dll.

Maka dari itu untuk penulis selaku guru mata pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP N 1 Karanganyar, Kabupaten Pekalongan mencoba untuk membuat link absensi spiritual yang wajib diisi para siswa setiap hari kecuali bagi siswi yang sedang berhalangan salat.

Link absensi spiritual tersebut dibagikan melaui WhatsApp grup kelas mata pelajaran dan grup wali siswa khususnya kelas VII. Link absensi spiritual mendapat dukungan yang positif dari para wali siswa hal itu dibuktikan yang mengisi link tersebut tiap bulannya bertambah 1 persen.

Link absensi spiritual sebagai solusi presensi dan absensi siswa yang mudah, murah, efisien, transparan dan akuntabel. Karena siswa mengisi link tersebut cukup dengan smartphone saja.
Pengisian link absensi spiritual merupakan salah satu komponen yang penting dalam membentuk karakter siswa. Dengan semakin sering siswa mengisi link absensi spiritual maka diharapkan siswa dapat memotivasi siswa dalam menjalankan amanah sebagai seorang muslim kepada Tuhan-Nya.

Baca juga:   Apersepsi Pembelajaran Interaksi Sosial dengan Media Videoklip

Pengisian link absensi spiritual juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru mata pelajaran PAI & BP dalam mengevaluasi penilaian sikap. Selain itu pengisian link absensi spiritual sebagai bahan pertimbangan nilai akreditasi sekolah. (ti2/lis)

Guru PAI & BP di SMPN 1 Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

Populer

Lainnya