Pengaruh Video Animasi terhadap Pembelajaran Gerhana

Oleh : Tiatun, S. Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang sekolah dasar. IPA memiliki karakteristik yang tidak sama dengan mata pelajaran yang lain. Sehingga dalam mengajarkannya dibutuhkan beberapa hal di antaranya media, metode, perangkat pembelajaran dan keterampilan.

Proses pembelajaran IPA di SD mempunyai fungsi dan pengaruh yang sangat besar dalam membangun kontruksi kognitif dan psikomotorik siswa.

Pola pembelajaran yang berlangsung di rumah sangat mempengaruhi proses pembelajaran IPA di kelas VI SDN 01 Blendung. Pada umumnya banyak siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran IPA khususnya materi gerhana matahari dan bulan. Kenyataan tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa untuk bidang studi IPA.

Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu mengembangkan suatu media pembelajaran IPA melalui video animasi yang dapat digunakan siswa selama proses pembelajaran.
Dengan penggunaan media video animasi pada pembelajaran IPA di kelas VI SDN 01 Blendung ternyata dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Siswa menjadi semangat dalam belajar, dapat menarik perhatian siswa, dapat meningkatkan pemahaman siswa. Mempermudah guru dalam menyampaikan materi, dan proses pembelajaran tidak hanya berlangsung secara verbal sehingga siswa tidak mudah merasakan bosan.

Baca juga:   Cara Asyik Belajar Membaca untuk Siswa Kelas I

Pembelajaran materi tentang gerhana matahari dan bulan dibutuhkan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat bantu dalam proses pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan siswa yang dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran peserta didik. Hamalik (dalam Arsyad, 2002: 15) menjelaskan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan motivasi dan keinginan belajar siswa serta siswa dapat tertarik dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
Media pembelajaran audio visual yang berupa video animasi yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Di antaranya video merupakan pengganti alam sekitar dan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat langsung oleh siswa seperti materi terjadinya gerhana matahari dan bulan.

Video ini dapat menggambarkan suatu proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulang-ulang. Video juga mendorong dan meningkatkan motivasi siswa untuk tetap melihatnya (Azhar Arsyad, 2011 : 49).

Dengan demikian untuk menciptakan pembelajaran IPA secara efektif dan efisien, salah satu peran guru yang sangat penting yaitu memilih media yang akan digunakan. Pemilihan media yang tepat dan cermat akan meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan optimal. Jika tujuan pembelajaran tercapai, akan mempengaruhi hasil belajar siswa itu sendiri. Menurut Hamalik (2004: 49) hasil belajar sebagai tingkat penguasaan yang dicapai oleh pelajar dalam mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan. (pg1/lis)

Baca juga:   Mnemonik Unik Menggelitik IPA Menarik

Guru SDN 01 Blendung, Kec. Ulujami, Kabupaten Pemalang

Populer

Lainnya