Warnai PJJ Eksplanasi dengan VN

Oleh : Syarifah Nihayati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dulu, kita mengenal UPBJJ UT sebagai perguruan tinggi yang melaksanakan perkuliahan jarak jauh. Sekarang, semua jenjang sekolah menggunakan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah berlangsung sejak pertengahan Maret 2020. Melaksanakan PJJ khususnya pada jenjang sekolah dasar, guru perlu mengeluarkan kreativitasnya agar tidak membosankan dan menjaga semangat peserta didik.

PJJ yang seharusnya dapat disajikan dengan Google Classroom, Zoom Meeting, Video Call, Google Meet, Rumah Belajar, dan lain-lain, cukup dilaksanakan melalui Whatsapp grup kelas.

Aplikasi merakyat yang kini dimiliki hampir semua orang ini, dapat menyajikan chat, suara, gambar, serta video, yang dapat menjembatani cara belajar siswa. Cara belajar siswa beragam. Menurut Walter Burke Barbe, setiap orang memiliki kombinasi VAK (visual, auditorial, dan kinestetik) yang berbeda. Ada yang suka belajar dengan melihat (tipe visual), belajar dengan mendengarkan suara (tipe auditori), dan belajar dengan melibatkan gaya gerak (kinestetik).

Oleh karena itu, guru maupun orangtua mesti mengenali gaya belajar mereka, agar peserta didik dapat belajar dengan nyaman di rumah.

Berbekal komunikasi dengan orangtua peserta didik, diperoleh informasi bahwa mereka menyukai PJJ dengan suara dari guru dalam bentuk voice note (VN). Alasan yang disampaikan bermacam-macam, antara lain: peserta didik lebih nurut dengan suara guru daripada mendengarkan penjelasan dari orangtuanya, sehingga orangtua lebih terbantu; peserta didik lebih suka menyimak suara guru yang bervariasi intonasinya, sehingga belajar lebih gembira; peserta didik lebih mudheng dengan mendengarkan penjelasan dari suara guru, dibanding penjelasan orangtua sebagai pembimbing belajar di rumah.

Baca juga:   Dengan Whatsapp Tingkatkan Kreativitas Siswa Belajar PJOK dari Rumah

Berdasarkan informasi tersebut, guru mewarnai PJJ muatan pelajaran bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar 3.2. Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Plana dengan voice note (VN).

Cara mewarnai PJJ dengan VN sangat mudah. Pertama, guru menyiapkan materi yang akan disampaikan. Materi diambil dari berbagai sumber yang relevan, dengan memperhatikan program semester, pemetaan kompetensi dasar, Kurikulum Kondisi Darurat, dan jadwal harian.

Kedua, guru menulis daftar kegiatan peserta didik pada hari itu. Daftar kegiatan harian pada PJJ perlu ditulis agar guru lebih terarah dalam melaksanakan PJJ. Daftar kegiatan perlu diketahui peserta didik, agar fisik dan mentalnya siap mengikuti PJJ.

Ketiga, menyiapkan musik pengiring agar baik guru maupun peserta didik bersemangat dalam PJJ. Menurut penelitian di University of Edinburgh menggunakan musik di saat belajar dapat membantu mengembangkan bagian penting dalam otak. Musik dapat juga mempengaruhi mood seseorang.

Keempat, merekam suara guru menjelaskan materi dan kegiatan peserta didik dengan iringan musik sayup-sayup. Komposisi suara guru dan iringan musik harus seimbang. Musik tidak terlalu keras volumenya, agar suara guru tidak tenggelam. Suara guru harus jelas dan lantang, bervariasi intonasinya, serta bersemangat, agar peserta didik terkesima dan menyimak dengan antusias.

Baca juga:   Meningkatkan Percaya Diri dalam Belajar Matematika melalui Demonstrasi

Kelima, menyajikan rekaman suara itu ke WhatsApp grup kelas. Pemahaman peserta didik dalam membaca chat PJJ dari guru tak dapat terserap maksimal. Peserta didik memang sudah dapat membaca, namun tak banyak yang dapat memahami maksud dari chat berupa tulisan. Dengan adanya VN dari guru, apa yang ditulis guru pada chat whatsapp dapat dipahami lebih jelas.

Adapun cara membuat VN sebagai berikut: buka aplikasi WhatsApp, buka grup kelas, tekan ikon mik dan geser ke atas, agar kita tak perlu menekan terus, lepaskan, mulailah merekam suara kita. Setelah dirasa cukup, tekan ikon tanda panah berwarna hijau di layar WhatsApp. Jika durasi rekaman kita pendek, VN akan segera terkirim dan mudah diputar oleh peserta didik, namun, jika durasi VN lama, proses pengiriman dan penerimaan menjadi cukup lama, tergantung sinyal yang ada. (lbs1/lis)

Guru Kelas SD Negeri Plana

Populer

Lainnya