Peningkatan Ketrampilan Speaking dengan Lagu dan Film

Oleh: Hery Supriyatno, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DI tengah Pandemi Covid-19 siswa–siswa belajar secara daring, Siswa dituntut mandiri dan harus kreatif dalam belajar. Sehingga hal ini menyebabkan daya serap pelajaran kurang maksimal. Kemudian untuk pelajaran bahasa inggris yang dirasakan peserta didik paling sulit juga membosankan dan memang bahasa inggris bukan bahasa kita sehari – hari. Hal itu terbukti dengan nilai mata pelajaran bahasa inggris pada aspek ketrampilan berbicara (speaking) peserta didik masih jauh dari standar minimal yang ditetapkan. Keterampilan berbicara yang dimaksud adalah keterampilan berbicara. Karena hal itulah maka di sekolah SMPN 1 Gabus penulis meminta seluruh siswa untuk sering – sering menonton film berbahasa inggris dan menyanyikan lagu berbahasa inggris. Hal itu penulis tekankan untuk menonton di malam hari saat tidak jam daring pagi hari sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar di pagi hari.

Berbagai upaya penulis lakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Salah satu yang paling menunjukan keberhasilan yang signifikan adalah dengan cara pembiasaan menyanyi dalam bahasa inggris dan menonton film berbahasa inggris. Sehingga dengan pembiasaan itu secara tidak sadar mereka mempunyai hobby menyanyi bahasa inggris. Dan penulis yakin setiap siswa apabila menyanyikan lagu bahasa inggris pastilah akan menghayati artinya, sehingga hal ini dapat menambah kosakata siswa dan pastinya memperlancar berbicara mereka dalam bahasa inggris.

Baca juga:   Belajar Narrative Text dengan Metode Role Playing

Seiring dengan pembelajaran daring di masa pandemi covid -19 setiap siswa memang harus belajar maksimal tanpa didampingi langsung oleh bapak ibu guru secara langsung. Oleh sebab itu penulis selalu mengecek perkembangan kemampuan berbicara mereka lewat rekaman video yang mereka kirim maupun dengan videocall atau zoom. Hal ini dilakukan secara bertahap dan continue supaya siswa tidak stress entah dengan study nya atau keluarganya, Karena menurut pengamatan semakin lama siswa belajar di rumah orang tua juga banyak yang stress karena memikirkan anak – anaknya di rumah.

Pembiasaan menonton film berbahasa inggris dan menyanyikan lagu- lagu bahasa inggris ternyata membawa dampak positif dan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penulis juga tidak henti hentinya untuk memotivasi siswa lewat lagu –lagu bahasa inggris yang penulis share maupun yang mereka cari sendiri di youtube.

Penulis selalu memberikan pujian maupun reward kepada siswa supaya mereka termotivasi dalam belajar bahasa inggris. Termasuk anak didik yang mungkin kemampuan berbicaranya masih kurang dari cukup. Hal itu dilakukan supaya mereka termotivasi dan tidak minder dengan teman- temannya yang sudah lancar berbicara bahasa inggrisnya.

Baca juga:   Tingkatkan Imun dengan Pemberian Tugas Membuat Jus Buah

Pembiasaan menonton film dan menyanyi tersebut ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi peserta didik dan guru. Manfaat tersebut antara lain peserta didik akan terbiasa berbicara bahasa inggris sehingga akan menambah kosakata dalam pelajaran bahasa inggris dan mampu mengekspresikan diri dalam bentuk suara berupa lagu atau ucapan. Selain itu juga apabila ada masalah dalam berbagai hal dapat diungkapkan lewat kata- kata dalam lagu maupun ucapan dalam bahasa inggris. Kemudian guru akan memberikan komentar tentang hal itu supaya peserta didik termotivasi untuk berbicara dan tidak takut salah apa yang diucapkan dalam bahasa inggris. Dan hal ini penulis rasakan sangat berguna sekali bagi siswa dan menambah kemampuan mereka dalam pelajaran bahasa inggris. Kesimpulannya dengan membiasakan anak menyanyikan lagu berbahasa inggris maka dapat menambah kosakata dan meningkatkan kemampuan mereka di mata pelajaran bahasa inggris sehingga nilai dan prestasi mereka meningkat. (kb4/zal)

Guru SMPN 1 Gabus

Populer

Lainnya